Gubernur Apresiasi OTT Pungli di TPK Palaran

by admin / 20 Mar 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mulyana, Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Walikota Samarinda Saharie Jaang di Markas Komando (Mako) Brimob Samarinda Seberang.(syaiful/humasprovkaltim)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Mabes Polri dan Polda Kaltim yang berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Pungutan Liar (Pungli) di Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran senilai Rp6,1 miliar pada Jumat (18/3). 

Gubernur berharap OTT tidak mempengaruhi iklim investasi. Sebaliknya justru akan mendorong peningkatan daya saing ekonomi daerah, sekaligus mendorong peningkatan investasi di berbagai bidang dengan tidak dikotori tindakan-tindakan pungli. 

“Alhamdulillah Kaltim masih menjadi tujuan investasi ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Timur karena keunggulan komparatif yang luar biasa. Karena itu, perkembangan investasi ini jangan dikotori dengan tindakan pungli, sehingga investasi yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim," kata Awang Faroek Ishak di depan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang datang secara khusus untuk melihat barang bukti OTT Pungli didampingi Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mulyana di Mako Brimob Samarinda Seberang, Sabtu (19/3).

Awang, berharap kejadian tersebut dapat menjadi evaluasi bersama, agar kemudahan investasi di Kaltim semakin baik sesuai aturan perundang-undangan. Dengan begitu siapa saja harus berhati-hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk investor.  Jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltim pun diminta untuk tidak bermain-main dengan pungli.

"Kita sudah dikenal terbaik ketiga dalam kemudahan pelayanan berinvestasi. Karena itu, jangan dirusak lagi dengan pungli. Mari kita perangi pungli," tegas Gubernur.

Dia sangat mengapresiasi langkah jajaran Mabes Polri dan Polda Kaltim mengungkap oknum pelaku pungli dan menyerahkannya kepada aparat penegak hukum untuk proses selanjutnya. 

"Kami mengapresiasi tindakan Mabes Polri dan Polda Kaltim. Kita serahkan semua kepada penegak hukum. Apalagi Kaltim juga telah terbentuk Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber) Pungli," imbuhnya.

Awang mengatakan Pemprov Kaltim sangat berkomitmen memerangi pungli. Karena itu, Saber Pungli Kaltim juga telah dibentuk dan tindakan yang dilakukan jajaran Mabes Polri dan Polda Kaltim merupakan kerja keras bagian dari Saber Pungli di mana anggotanya termasuk dari Polda Kaltim.

Saat jumpa pers di Mako Brimob Samarinda Seberang juga dihadiri Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang. Menhub Budi Karya Sumadi disambut Gubernur Awang Faroek Ishak saat tiba di Bandara Temindung Samarinda. (jay/sul/humasprov)