Jembatan Tol Balikpapan - PPU Segera DibangunĀ 

by admin / 12 Apr 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : Awang Faroek Ishak

 

SAMARINDA – Proyek infrastruktur prakarsa pemerintah daerah berupa pembangunan jembatan tol Penajam Paser Utara (PPU) – Balikpapan akan segera dibangun.

“Atas dukungan Presiden Joko Widodo segera kita akan groundbreaking jembatan tol PPU-Balikpapan,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak.

Menurut dia, perencanaan pembangunan jembatan tol yang menghubungkan dua daerah telah diselesaikan dengan pola kerjasama PPP (public private partnership).

Kerjasama proyek pola multiyears contract (MYC) antara PT Waskita Karya, Perusda Pemprov Kaltim (PT Kaltim Infrastruktur), Perusda PPU dan Perusda Balikpapan.

Didukung swasta lainnya termasuk investor dari Tiongkok Shandong Hi Speed, sama seperti Beijing Urban Contruction Group (BUCG) yang ikut mendukung pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Awang menyebutkan bentang jembatan 415 meter dengan ketinggian jembatan (clearance) telah disetujui 50 meter dengan biaya yang diperlukan Rp6,5 trilliun.

Dijelaskan persetujuan Kementerian PUPR telah didapatkan dengan penunjukan PT Waskita Karya bekerjasama dengan perusda serta investor dari Tiongkok.

Awang berharap Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dapat segera melakukan pelelangan dalam tahun 2017 terhadap proyek jembatan tol itu.

“Arahan yang saya terima dari Bapak Presiden agar semua proyek strategis nasional di daerah harus disukseskan termasuk jembatan tol PPU-Balikpapan,” jelasnya.

Gubernur mengungkapkan permasalahan yang tersisa yakni perlunya dukungan Menteri BUMN karena sebagian lahan proyek berada dalam kawasan yang dikelola  PT Pertamina. 

Khususnya pembangunan akses jembatan tol dan coastal road Balikpapan sampai ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. (yans/sul/es/humasprov)