Kualitas Pendidikan Sudah Merata

by admin / 04 Mei 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar :

 

SAMARINDA - Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kaltim Dra Hj Dayang Budiati mengakui kualitas  pendidikan sudah merata hingga seluruh wilayah Kaltim. Indikatornya terlihat dari keberhasilan pendidikan seperti rata-rata nilai UN maupun prestasi di berbagai lomba keterampilan siswa.

"Sesuai tema Hari Pendidikan Nasional 2017  adalah percepatan pendidikan yang merata  dan berkulitas, maksudnya kualitas pendidikan sekarang sudah  merata di 10 kabupaten/kota. Tidak lagi mendominasi  sekolah di wilayah perkotaan, semuanya sudah merata di segala bidang dan berkualitas pada semua jenjang," kata  Dayang Budiati  di sela peringatan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5).

Ada indikator kata Dayang Budiati, untuk melihat keberhasilan pendidikan. Diantaranya hasil UN siswa yang sudah merata di seluruh kabupaten/kota. Nilai tertinggi tidak lagi didominasi sekolah di perkotaan, tapi juga sekolah di pedalaman dan kawasan perbatasan Kaltim.

Kondisi tersebut menunjukan tujuan penyelenggaraan pendidikan nasional mewujudkan pemerataan pendidikan tercapai. Mengingat, UN berlaku secara nasional, sehingga ketika nilai sekolah di pedalaman setara dengan sekolah di perkotaan, hal itu menunjukan kualitas pendidikan di daerah dan perbatasan setara dengan nasional.          

Hal itu bisa dilihat dari prestasi yang diraih siswa-siswi dari berbagai jenjang saat  mengikuti berbagai lomba, baik tingkat kabupaten dan provinsi bahkan nasional  dan  itu menunjukkan hasil yang membanggakan.

Saat ini setiap kabupaten/kota selalu mengirim perwakilannya menjadi peserta pada setiap even dan  tidak lagi didominasi sekolah perkotaan tetapi juga sekolah-sekolah di pedalaman dan perbatasan.

"Kondisi ini tentu menjadi bukti bahwa sudah tidak ada lagi kesenjangan kualitas pendidikan antar kabupaten/kota dan semuanya sudah merata," ujarnya.

Itu sebabnya, lanjut Dayang Budiati program-program penunjang peningkatan kualitas pendidikan akan terus dilanjutkan melalui program peningkatan kapasitas guru, maupun program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) akan dilanjutkan hingga akhir pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kaltim 2018.

"BKC terus berlanjut, karena itu adalah komitmen gubernur  dalam peningkatan kualitas  sumber daya manusia di berbagai bidang," kata Dayang Budiati. (mar/sul/es/humasprov)