Pemprov Fokus Pemerataan Pendidikan

by admin / 03 Mei 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah SMA I Kota Bangun yang menjadi Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Kaltim 2016. (syaiful/humasprovkaltim)

 

Gubernur Pimpin Upacara Hardiknas 2017, Pemprov Fokus Pemerataan Pendidikan

SAMARINDA - Selain menyukseskan program pembangunan infrastruktur hingga 2018, Pemprov Kaltim bertekad selama kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Wagub Mukmin Faisyal fokus terhadap pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program pendidikan Cerdas Merata Prestasi Gemilang (Cemerlang).

Gubernur Awang Faroek usai memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017, mengatakan pemerataan pendidikan yang dimaksud termasuk pemerataan guru di masing-masing sekolah.  

“Sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi, ke depan pendidikan di Negara kita harus tumbuh merata dan berkualitas. Pemprov Kaltim komitmen terhadap program tersebut,” kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/5).

Pemerataan guru sangat penting dilakukan, agar tidak ada sekolah yang kelebihan guru, sedangkan di sekolah lain masih banyak yang kekurangan guru.

Karena itu, melalui momentum Hardiknas tahun ini diharapkan selain komitmen pemerintah, komitmen seluruh pihak juga sangat diharapkan untuk mendukung pengembangan program pendidikan, khususnya pihak pengusaha, sehingga percepatan pendidikan merata dan berkualitas betul-betul terwujud.

“Komitmen tersebut tidak lain agar SDM kita mampu meraih bonus demografi di masa datang. Sebab itu mari bersama tingkatkan komitmen menuju pendidikan merata dan berkualitas,” jelasnya.

Awang menegaskan, program bidang pendidikan menuju Kaltim Cemerlang tak akan pernah surut. Apalagi, sejak kepemimpinannya masih bersama Wagub Farid Wadjdy dan dilanjutkan bersama Wagub Mukmin Faisyal program pendidikan tetap menjadi prioritas. Terbukti, alokasi di APBD Provinsi direalisasikan 20 persen untuk program pendidikan.

“Jangan tanya bagaimana komitmen Pemprov Kaltim terhadap dunia pendidikan. Hingga sekarang tidak pernah mundur selangkah pun. Karena itu, momentum peringatan Hardiknas diharapkan dapat meningkatkan motivasi para guru untuk terus mengabdi memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Begitu juga kepada peserta didik diharapkan terus belajar hingga mampu mencapai cita-cita yang diinginkan,” jelasnya.

Peringatan Hardiknas 2017 di Kaltim juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada Bupati, Walikota, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah yang berhasil membina dan mengembangkan usaha kesehatan sekolah (UKS) di masing-masing daerah dan mampu menjadi juara lomba sekolah sehat tingkat provinsi 2016.

Adapun daerah yang meraih penghargaan yaitu, Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil menjadi Juara 1 Lomba UKS jenjang SMA. Samarinda berhasil meraih Juara 1 jenjang SMP. Balikpapan berhasil Juara 1 jenjang Taman Kanak-Kanak dan Bontang berhasil menjadi Juara 1 Lomba UKS jenjang SD. Hadir Walikota Bontang Neni Noernaini dan Bupati Kukar Rita Widyasari. (jay/sul/es/humasprov