Pengembangan Pemuda Menuju Bangsa Berkarakter

by admin / 08 Mar 2017 / Lihat Video Disini
#

Keterangan Gambar : Wagub Mukmin Faisyal menerima cinderamata dari perwakilan KAMMI Kaltim. (anita rahayu/humasprov)

 

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengajak mahasiswa dan pemuda untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembangunan. Menurut Mukmin, sejarah perjuangan Bangsa Indonesia bahkan sudah dimulai sejak perintisan pergerakan kebangsaan, ketika para pemuda kala itu berperan aktif sebagai ujung tombak untuk memperjuangkan kemerdekaan menuju Indonesia yang bersatu dan berdaulat.

Penegasan tersebut disampaikan Wagub Mukmin Faisyal saat membuka Training Kepemudaan Tingkat III Nasional PW Persatuan Mahasiswa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di Gedung AFI Institute, Jalan M. Yamin Samarinda, Selasa (7/3).

Mukmin melanjutkan, di era pembaruan dan pembangunan dewasa ini, pemuda mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis sehingga perlu dikembangkan potensi dan perannya melalui penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan nasional.

“Bagi pemuda Kaltim, tantangan dimulai dari lingkup lokal, regional, nasional hingga ke tingkat internasional. Hal tersebut pasti tidak akan mampu kita elakkan, karena kemajuan Iptek dan kian pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi akhir-akhir ini membuat seakan tidak ada lagi sekat pemisah antara satu daerah atau wilayah satu dengan lainnya. Semua orang mendapat kemudahan untuk berinteraksi dengan berbagai dampaknya, baik positif maupun negatif,” jelas Mukmin.

Model pelatihan semacam ini menurut Mukmin sangat penting demi mewujudkan pengembangan para pemuda yang bertanggungjawab dan memberi manfaat, bagi diri sendiri maupun orang lain. Kinerja pembangunan kepemudaan diarahkan menuju bangsa yang berkarakter dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.

Ketua Panitia Sulthan Noor Hidayatullah menyebutkan tema diskusi publik kali ini adalah “Menggagas Masa Depan Indonesia”.

Rangkaian Training Kepemudaan Tingkat III Nasional PW Persatuan Mahasiswa KAMMI ini diagendakan 8 – 12 Maret 2017. Agenda ini dilaksanakan dengan tujuan pokok untuk menggagas cita-cita yang memang dimiliki KAMMI sebagaimana prinsipnya dalam menjayakan Indonesia tahun 2045.

“Harapannya agenda ini menjadi pondasi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Agenda ini kita harapkan dapat melahirkan pemimpin atau melahirkan orang-orang yang berpotensi dalam menggagas Indonesia ke depan, “ harapnya. 

Hadir dalam acara ini Anggota Komisi II DPRD Kaltim H Rusman Ya’qub, Alumni Ketua KAMMI Kaltim/ Pengamat Politik Jorhandri, Ketua Umum KAMMI Kaltim Samsul Alam. Kegiatan tersebut  dihadiri 80 peserta. (ayu/sul/es/humasprov)