Kalimantan Timur
Hadiri HUT Kota Samarinda Ke-356, Pj Gubernur Beri Pesan Pentingnya Kolaborasi


 

SAMARINDA - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda dalam rangka HUT Kota Samarinda ke-356 dan HUT Pemerintah Kota Samarinda ke-64 Tahun 2024 di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Samarinda, Senin 22 Januari 2024. 

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Samarinda H Sugiyono didampingi Wakil Ketua H Helmi Abdullah, Rusdi dan H Subandi, serta 38 anggota, dihadiri Wali Kota Samarinda H Andi Harun dan Wakil Wali Kota H Rusmadi, serta jajaran Forkopimda Kota Samarinda dan pimpinan perangkat daerah Pemerintah Kota Samarinda. 

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kaltim, Pj Gubernur Akmal Malik menyampaikan ucapan selamat hari jadi ke 356 tahun Kota Samarinda dan Pemerintah Kota Samarinda ke 64 tahun. 

"Semoga Kota Samarinda semakin maju dan mampu menjadi kota yang memberikan pelayanan terbaik bagi warganya," ucapnya. 

Akmal pun memuji capaian kerja dan prestasi yang diraih Kota Tepian, bahkan terjadi peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun. 

"Itu semua berkat kolaborasi dengan teman-teman DPRD serta dukungan penuh masyarakat dan OPD. Tidak ada sendiri bekerja," ungkapnya. 

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun meminta masyarakat, terutama media massa untuk ikut berkontribusi memberi masukan/saran dan mengkritisi kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah. 

"Jangan hanya mengkritisi yang aneh-aneh. Bantu juga beritakan apa saja keberhasilan dan prestasi pemerintah," pesannya. 

Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim menurut Akmal adalah etalase Benua Etam harus mampu berkolaborasi dengan kabupaten dan kota lainnya. 

"Pak Wali, Wawali, DPRD dan OPD harus terus bekerjasama agar mampu mengeksekusi hal-hal baik dan berbuat yang terbaik, sehingga masyarakat merasa dilayani dan terpenuhi kebutuhannya," pintanya.

 

Wali Kota Samarinda Andi Harun dalam pidatonya menyampaikan berbagai capaian kinerja Pemerintah Kota Samarinda dan prestasi yang telah diraih, terutama dalam mewujudkan 10 program prioritas pembangunan Kota Tepian. 

"Apa yang kita laksanakan untuk pembangunan, pada dasarnya dalam rangka mendorong pertumbuhan, menciptakan dan memperluas lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan mendukung terciptanya lingkungan yang lebih baik," ujarnya.   

Sepuluh program yang dilaksanakan Pemerintah Kota Samarinda di antaranya, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) telah dianggarkan dalam APBD Kota Samarinda sebesar Rp200 miliar untuk dilaksanakan di 10 kecamatan dan 59 kelurahan tersebar di  1.974 rukun tetangga. 

 

Selain itu, program pengendaluan banjir, sistem transportasi modern, program social security number, smart city plus, doctor on call, bantuan pendidikan 12 tahun, badan usaha milik RT, pengembangan RTH dan program penciptaan 10.000 wirausaha baru. 

"Kami sangat berterima kasih dan apresiasi atas dukungan dan pembinaan Pemerintah Provinsi Kaltim. Semoga dukungan itu menjadikan Samarinda semakin maju," tegasnya. 

Rapat paripurna dirangkai penyerahan penghargaan kepada para anggota legiun veteran RI Kota Samarinda dari Pemerintah Kota Samarinda. 

Tampak hadir Wali Kota Samarinda 2010-2021 Syaharie Ja'ang, Pj Wali Kota Samarinda Hj Meiliana, anggota DPRD Provinsi Kaltim, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan pemuda Kota Samarinda.  (yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation