Kalimantan Timur
Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023 Sekda : Perempuan Motor Penggerak Keberhasilan Pembangunan

Sekda Sri Wahyuni menghadiri Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023. (ADI SUSENO/ADPIMPROV KALTIM)

 

 

SAMARINDA - Peringatan Hari Ibu adalah momen penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh kaum perempuan Indonesia atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. 

 

Penegasan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni saat membuka Seminar Perempuan Kalimantan Timur dalam rangka Peringatan  Hari Ibu (PHI) Ke-95 Tahun 2023 yang dilaksanakan Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Rabu (20/12/2023).

 

Sri Wahyuni  mengatakan peringatan Hari Ibu  diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. 

 

“Bukankah keadilan, kesejahteraan dan perdamaian yang kita dambakan, tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan?" kata Sekda Sri Wahyuni.

 

Dia menambahkan fakta menunjukkan bahwa perempuan telah terbukti menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan di waktu yang akan datang.

 

“Peringatan Hari Ibu tahun ini harus mampu   menginspirasi perempuan untuk terus mencintai dirinya dan mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas untuk      membangun    negeri  sekaligus semakin menggelorakan semangat dan daya juang membangun Indonesia yang lebih adil dan sejahtera menuju Indonesia Emas 2045,” pesannya. 

 

Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023, lanjut Sri Wahyuni  akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia,  dalam berkontribusi memajukan kehidupan bangsa. Kehadiran perempuan dalam memajukan kehidupan bangsa adalah keniscayaan. 

 

“Peringatan Hari Ibu tahun ini merupakan kesempatan yang ideal untuk menghargai peran dan pencapaian perempuan Indonesia dalam berbagai bidang. Mempromosikan kesetaraan gender dan peningkatan perlindungan terhadap perempuan,  mendorong partisipasi perempuan dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan dan memotivasi perempuan untuk mengambil peran aktif dalam memajukan negara,” kata Sri Wahyuni.

 

Sekretaris DKP3A Kaltim Hj Eka Wahyuni melaporkan Seminar Perempuan Kalimantan Timur dalam rangkaian peringatan Hari Ibu ke-95 Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023,  dihadiri kurang lebih 170 peserta dari organisasi wanita se-Kaltim  bertujuan untuk mendorong perempuan agar lebih aktif terlibat dalam tindakan kemanusiaan dan kepedulian terhadap lingkungan.  Memperkuat solidaritas di antara perempuan dan mendorong kerja sama dalam mendukung isu-isu kemanusiaan.

 

 

“Selain itu, juga untuk  mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” kata Eka Wahyuni. 

 

Tampak hadir  kepala perangkat daerah Pemprov Kaltim,  Penjabat Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir Akmal Malik, Anggota DPRD Kaltim Puji Setyowati, Ketua BKOW Kaltim Hj Suryani Astuti, ketua Dharma Wanita Persatuan Kaltim, ketua Persit Chandra Kirana, ketua Bhayangkari Kaltim, pimpinan dan ketua organisasi dan lembaga lainya.  (mar/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation