Kalimantan Timur
36 Peserta Semarakkan Festival Beduk Sahur Masjid Al Muaawanah Ke-4

Foto S. Syaiful Anwar / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SAMARINDA - Festival Beduk Sahur Masjid Al Muaawanah ke-4 kembali digelar tahun ini. Festival beduk memperebutkan Piala Bergilir Wakil Gubernur Kalimantan Timur itu diikuti peserta dari Kota Samarinda dan Tenggarong. Kegiatan digelar dalam menyemarakkan Ramadan 1444 H.

 

Festival Beduk Sahur yang diinisiasi Ikatan Remaja Masjid Al Muaawanah dan Pemuda Milono tersebut langsung dibuka Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Sabtu (16/4/2023) malam, yang dipusatkan di Taman Samarendah.

Tidak kurang 36 peserta mengikuti festival beduk sahur yang terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori becak (30 peserta) dan kategori nonbecak (6 peserta).

“Semoga kegiatan ini dilaksanakan tiap tahun, tapi dalam keadaan tertib dan aman dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan,” ucap Wagub Hadi Mulyadi seusai melepas start peserta Festival Beduk Sahur Masjid Al Muaawanah ke-4.  

Menurut Hadi, dengan kegiatan seperti ini maka memancing kreativitas anak-anak muda dalam menyajikan penampilan mereka memukul beduk yang dikolaborasikan dengan membawakan lagu-lagu religi, khususnya berselawat kepada junjungan umat Islam Nabi Muhammad SAW.  

“Festival beduk seperti ini menjadi ajang bagi anak-anak muda kita berbuat positif. Untuk itu kegiatan ini hendaknya bisa dilaksanakan lebih besar lagi di Kota Samarinda, tidak hanya ketika bulan Ramadan, tetapi pada hari-hari besar Islam lainnya,” pungkas Hadi.  

Festival Beduk Sahur Masjid Al Muaawanah baru kembali digelar pada 2023 ini, setelah vakum selama kurang lebih tiga tahun karena pandemi Covid-19. Sebelumnya festival beduk sahut ini telah digelar pada 2017, 2018 dan 2019. (her/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation