Kalimantan Timur
Akmal Malik Puji Kinerja Pemerintahan Kaltara


TANJUNG SELOR – Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang juga Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik menilai pemekaran wilayah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) secara keseluruhan sudah berlangsung dengan baik.  

Beberapa indikator menunjukkan mulai dari pembangunan pendidikan hingga pendapatan daerah sudah cukup bagus.  

"Secara umum kinerja Provinsi Kaltara bagus. Namun demikian, tentu keberhasilan itu tidak bisa dibandingkan dengan provinsi induk, Kalimantan Timur maupun provinsi lain yang sudah maju. Misalnya, Jawa Barat," jelas Akmal Malik ketika menghadiri dan membuka Kegiatan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, Pembinaan Netralitas ASN dan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) di Hotel Luminor Tanjung Selor, Selasa 23 Januari 2024. 

"Menurut saya, tidak mungkin dibandingkan dengan provinsi induk. Kaltim misalnya maupun Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kita akan mencoba membandingkan nanti dengan provinsi pemekaran juga," sambungnya.    

Bahkan dengan sedikit memuji,  Akmal meyakini Provinsi Kaltara akan berada di posisi terbaik di antara daerah hasil pemekaran jika dilakukan penilaian oleh Kementerian Dalam Negeri.   Melalui evaluasi yang terhadap kinerja perangkat daerah. 

Namun demikian menurut Akmal, substansinya bukan soal peringkat. Tetapi, bagaimana membangun komunikasi. Hal inilah yang Akmal lakukan  saat sekarang mendapat amanah memimpin Kaltim. Ia berharap Kaltara akan maju pesat seperti Kaltim.   

"Evaluasi itu outputnya bukan nilai, tapi komunikasi. Ada 32 urusan dilakukan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Urusan wajib, pelayanan dasar, kebutuhan dasar dan pilihan," jelasnya.   

"Selama ini hasil evaluasi itu hanya menghasilkan peringkat-peringkat saja. Sehingga, kita lupa dengan implementasi dari evaluasi itu. Makanya, komunikasi diperlukan. Dengan begitu dapat diketahui apa yang harus dibenahi dan dikerjakan," tegasnya. (jay/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation