Kalimantan Timur
Akmal : Tingkatkan Kinerja Perencanaan Perkuat Komunikasi


 

BALIKPAPAN -  Menutup tahun 2023, Pemprov Kaltim kembali menggelar Rapat Pimpinan (Rapim). Rapim dipimpin langsung  Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni.

 

Pj Gubernur Akmal Malik memberi catatan khusus terkait serapan anggaran dan  beberapa kegiatan yang tidak bisa terlaksana pada 2023.

 

"Saya mengapresiasi sejumlah kemajuan yang telah dicapai. Tapi saya juga harus memberi catatan untuk beberapa urusan,"  kata Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Rabu (27/12/2023).

 

Catatan penting yang diberikan Pj Gubernur Akmal Malik salah satunya adalah soal komunikasi.

 

"Kita harus memperkuat komunikasi,  bukan hanya dengan kabupaten kota, tapi juga dengan pusat," tambah Akmal.

 

Catatan ini diberikan Akmal Malik setelah mendengarkan penjelasan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD)  yang hingga 24 Desember 2023 realisasi belanja anggarannya masih  kurang dari 74,99%.

 

Secara umum keluhan para pimpinan OPD karena adanya tambahan dana.  Menurut Akmal, OPD harus meningkatkan kualitas kinerja perencanaan sehingga serapan anggaran lebih baik lagi.

 

Akmal mengingatkan perencanaan yang kurang bagus   perlu diantisipasi ke depan. 

 

"Kalau memang ada tambahan anggaran harus dipastikan dulu. Harus  bisa kita bisa eksekusi dalam waktu singkat. Eksekusi dalam waktu yang cepat," tegas Akmal.

 

Karena itu sambung Akmal, perlu komunikasi yang bagus, baik dengan pusat maupun legislatif terkait alokasi pokok-pokok pikiran (pokir).

 

"Kalau memang tidak bisa, katakan tidak bisa. Bagi saya ini hanya persoalan komunikasi,"  pesan Akmal. 

 

Dirjen  Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini juga mengingatkan 

antispasi untuk tahun 2024 terkait perencanaan.

 

Akmal minta agar perencanaan anggaran harus disesuaikan dengan kemampuan OPD dan harus selalu  direview.  Ini penting untuk melaksanakan program yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

 

"Saya berterima kasih atas sejumlah capaian prestasi yang sudah diraih. Kinerja sudah bagus, mudah-mudahan semakin baik lagi tahun depan," pungkasnya.

 

"Terima kasih kepada semua OPD. Yang belum selesai,  tolong segera dilaporkan karena kita akan gelar rapim kembali  awal Januari 2024," timpal Sekda Sri Wahyuni menambahkan. 

 

Rapim dihadiri para Asisten dan pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation