Kalimantan Timur
ALKI II Potensi Investasi Kaltim dan IKN

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

BALIKPAPAN - Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik membuka sekaligus menghadiri acara International Investment Seminar ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) II Zone Investment Forum 2023 di Hotel Grand Jatra Balikpapan pada Rabu (25/10/2023).   

Akmal Malik mengatakan peningkatan investasi di wilayah ALKI II akan berdampak langsung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru. 

"Kita perlu memahami potensi dan profil investasi negara dan daerah di wilayah ALKI II. Kita harus membangun dan memperkuat kerja sama dengan negara dan daerah di wilayah tersebut. Selain itu merumuskan strategi untuk penguatan ekonomi negara dan daerah di ALKI II. Kita juga harus mengenalkan budaya nusantara,”  ungkap Akmal. 

Lanjut Akmal, posisi Kaltim sangat strategis untuk mengembangkan perekonomian dan industri. Pemerintah Provinsi Kaltim telah membentuk kawasan industri di Kariangau, Balikpapan, kawasan industri pariwisata di Berau dan pelabuhan internasional dan kawasan industri di  Maloy, Kutai Timur.

"Untuk itu Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemprov Kaltim perlu membentuk steering committee atau panitia kecil setelah acara ini yang fokus pada bidang ekonomi atau budaya demi membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada," tutupnya.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menambahkan terpilihnya Kaltim sebagai lokasi IKN, merupakan keputusan strategis karena lokasinya yang berdampingan dengan Selat Makassar dan ALKI II yang telah ditetapkan. 

"Kami percaya bahwa kolaborasi antara wilayah-wilayah di ALKI II sangat penting untuk memanfaatkan pembangunan lintas provinsi. IKN menjadi koridor bisnis yang menarik bagi kegiatan ekonomi dan investasi, serta mengintegrasikan usaha kolaboratif yang memanfaatkan potensi daerah masing-masing," tandasnya.  (tya/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation