Kalimantan Timur
Anak Muda Kaltim Harus Tangkap Peluang, Panglima TNI akan Buat Kodam Baru di IKN, Perlu 30.000 Sampai 50.000 Personel Baru

Foto Ahmad Riyandi / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SEPAKU – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan pihaknya akan menghadirkan Kodam baru di sekitar ibu kota negara baru (IKN) di Sepaku. Penegasan itu disampaikan Jenderal Andika Perkasa saat bersama Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke IKN.

“Kita akan menghadirkan Kodam baru dengan perangkatnya,” sebut Jenderal Andika Perkasa kepada para wartawan di Titik Nol IKN, Rabu (16/2/2022).

Luas lahan yang diperlukan untuk menghadirkan Kodam baru itu sekitar 800 hektare. Selain itu, TNI juga akan membangun kekuatan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) dengan luasan sekitar 2.700 hektare.  

Bukan hanya kekuatan darat dan udara, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) juga akan disiapkan. Total luas wilayah untuk darat, laut dan udara yang direncanakan sekitar 4.500 hektare.

“Kami berharap masuk di kawasan perluasan (bukan kawasan inti IKN). Kalau di kawasan inti sekitar 380 hektare. Jadi penambahan satuan-satuan ini nanti juga lengkap dengan alutsistanya,” ungkap Andika Perkasa.

Jenderal Andika juga menyebutkan untuk mendukung pengamanan IKN ini, pihaknya akan mengajukan usulan tambahan personel TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut kepada Menteri Pertahanan.

“Jumlahnya sekitar 30.000 sampai 50.000 personel baru, darat, laut dan udara di luar kekuatan TNI saat ini,” tutup jenderal yang selalu ramah kepada siapa pun yang meminta waktu kepadanya untuk berswafoto di area IKN. 

Generasi Kaltim harus bersiap menangkap peluang ini, sekaligus menjadi bagian kontribusi pengamanan IKN. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait