Kalimantan Timur
Beda Administrasi, Kaltim dan Kaltara Tetap Sinergi


 

TANJUNG SELOR -  Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim)  yang juga Dirjen Otda Kemendagri Dr Akmal Malik menegaskan kerja sama akan dilakukan dengan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk mendukung sukses Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Penegasan itu disampaikan usai menjadi narasumber Kegiatan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, Pembinaan Netralitas ASN dan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) di Hotel Luminor Tanjung Selor, Selasa 23 Januari 2024. Dukungan Kaltim dan Kaltara salah satunya untuk urusan sumber energi untuk IKN.

"Jelas, pasti ada. Sebab, penyuplai sumber energi untuk IKN ada di Kaltara. Apalagi, Kaltara juga sedang membangun PLTA terbesar di Indonesia," kata Akmal Malik.  

Akmal menambahkan Kaltara juga memiliki banyak smelter. Karena itu harus dilakukan kolaborasi yang lebih solid dan saling menguntungkan. Hubungan baik ini akan terus berlanjut apalagi, Kaltim adalah provinsi hasil pemekaran dari Kaltim. 

Menurut Akmal, meski Kaltim dan Kaltara saat ini sudah berbeda administrasi, sinergi dan kolaborasi harus terus dilakukan demi sukses dan kesejahteraan rakyat kedua daerah. 

"Jadi, kedua provinsi ini sudah sejak lama membangun komunikasi. Selanjutnya, yang menjadi perhatian bersama adalah bagaimana komunikasi tetap terbangun. Apa yang harus dibangun, contoh Kaltara bisa suplai kebutuhan pangan. Sehingga, Kaltim maupun IKN tak tergantung dari Sulawesi," jelasnya. 

"Tinggal teknisnya bagaimana, tentu harus ada komunikasi yang baik antara Pemprov Kaltim dan Kaltara," pesannya. (jay/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation