Pemprov Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan keberhasilan Kaltim dalam meraih berbagai prestasi di tingkat nasional selama ini tidak lepas dari upaya Pemprov untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satunya dengan melaksanakan program pembangunan secara elektronik (e-goverment) di setiap SKPD lingkup Pemprov.
“Komitmen kita adalah pelayanan publik harus ditingkatkan. Jadi bagaimana agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang prima dari aparatur pemerintah. Melalui e-government kita dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat. Misalnya melalui website SKPD, dimana semua kalangan bisa mengaksesnya,” ungkap Awang Faroek usai mengisi SPT Tahunan secara elektronik pada Pekan Panutan SPT Tahunan PPh Objek Pajak Tahun Pajak 2013 menggunakan e-filing, di Ruang Bina Bangsa Badan Kesbangpol Kaltim, Jumat (28/2).
Menurut dia, e-filing yang telah diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan salah satu produk dari e-Government yang memudahkan wajib pajak (WP) dalam melaporkan SPT Tahunan secara elektronik.
Sama halnya dengan website yang dikelola oleh SKPD lingkup Pemprov, Awang Faroek menyebut sebagai salah satu produk e-Government, website menjadi sarana untuk menyampaikan program pembangunan dan pelaksanaannya kepada masyarakat. Beberapa website SKPD lingkup Pemprov bahkan telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional, seperti website Dinas Perkebunan, Bappeda dan Badan Perpustakaan.
Karena itu pula, ujar dia, Pemprov Kaltim berhasil mendapatkan penghargaan peringkat pertama nasional dari 34 provinsi untuk bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Menurut dia, hal itu juga tidak terlepas dari komitmen Pemprov untuk menerapkan Undang Undang Nomor 18/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
“Setiap SKPD harus terus mengupdate data-data program pembangunan mereka. Jangan sampai data yang ada tidak up to date,” katanya.
Contoh lainnya, sebut dia, adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) secara online atau dikenal dengan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) online, dimana Samsat di setiap kabupaten/kota di Kaltim sudah saling terkoneksi. Sehingga memudahkan bagi masyarakat yang ingin membayar PKB.
“Yang jelas kita akan terus berusaha mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan tentunya dengan kualitas pelayanan yang prima,” sebutnya.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi (TI) saat ini, Awang Faroek meminta kepada jajaran SKPD lingkup Pemprov untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut. Apalagi dalam waktu dekat Kaltim akan turut serta dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.
“Untuk menyongsong dan menghadapi era MEA, kita harus siap. SKPD juga harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai TI sehingga, apa yang disajikan dalam website baik tampilan maupun data tidak tertinggal dari website negara-negara ASEAN,” pintanya. (her/hmsprov)
//Foto: LAYANAN PUBLIK. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mencoba pengisian SPT Tahunan secara elektronik pada Pekan Panutan SPT Tahunan PPh Objek Pajak Tahun Pajak 2013 menggunakan e-filing. (syaiful/humasprov kaltim).
04 Februari 2018 Jam 19:10:54
Pemerintahan
30 Juni 2014 Jam 00:00:00
Pemerintahan
24 April 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan
02 September 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan
21 Mei 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan
14 Januari 2020 Jam 08:19:55
Pemerintahan
08 Desember 2023 Jam 18:56:58
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 18:03:53
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 14:07:24
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 11:20:15
Gubernur Kaltim
08 Desember 2023 Jam 11:18:01
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur
06 Januari 2014 Jam 00:00:00
Pertanian dan Ketahanan Pangan
14 Maret 2022 Jam 15:54:00
Ibu Kota Negara
08 April 2013 Jam 00:00:00
Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri
06 Juni 2022 Jam 19:30:28
Informasi dan Komunikasi
11 September 2019 Jam 23:31:22
Pendidikan
27 Juli 2020 Jam 20:12:48
Penanggulangan Bencana
17 Juni 2018 Jam 21:17:50
Siaran Pers
20 April 2020 Jam 06:26:58
Berita Foto
27 Juni 2020 Jam 18:09:04
Penanggulangan Bencana
23 November 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan