Kalimantan Timur
Berkah Bulan Suci Ramadan. Gubernur Santuni Anak-Anak Non Muslim

Foto Adi Suseno / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Kaltim.

 

Santunan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kaltim diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

 

Pemberian santunan kali ini menurut Gubernur Isran Noor, bagian dari kepedulian pemerintah dan berbagi kebahagian selama bulan suci Ramadan.

 

"Ini menandai kepedulian kita kepada masyarakat dan genarasi muda, tidak terkecuali bagi anak-anak dari nonmuslim," kata Gubernur Isran Noor usai menyerahkan santunan di Pendopo Odah Etam, Kompleks Gubernur Kaltim, Kamis, 28 April 2022.

 

Dia pun menegaskan pemerintah tidak pernah membeda-bedakan keyakinan dan agama warganya, apakah muslim atau pun nonmuslim, termasuk suku dan ras warna kulit serta budayanya.

 

"Mau yang beragama Islam, Nasrani, bahkan Yahudi sekalipun. Saya akan hormati sama seperti yang lain. Sepanjang dia berada di negara ini, warga di daerah ini, maka wajib dilindungi dan dipenuhi hak-haknya," ungkap orang nomor satu Benua Etam ini.

 

Sebaliknya, Gubernur Isran Noor meminta masyarakat terutama generasi muda sebagai generasi penerus bangsa agar saling menghargai dan menghormati sesama demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 

"Tidak boleh curang, tidak boleh menghina, tidak boleh meremehkan dan merendahkan orang lain. Setuju?" tanya Gubernur disambut kata setuju seluruh hadirin dan anak-anak penerima santunan.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi menyampaikan santunan yatim piatu diberikan kepada tujuh yayasan sebanyak 200 orang dan anak-anak nonmuslim sebanyak 100 orang.

 

"Dari keseluruhan penerima bantuan ini juga ada termasuk anak-anak terdampak Covid-19," ujar Anwar Sanusi.

 

Ditambahkannya, terkhusus bantuan bagi anak-anak yatim piatu nonmuslim merupakan bantuan dari Dinas PUPR Kaltim.

 

Hadir Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Kaltim Deni Sutrisno, Kepala Dinas PUPR Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim H Andi Muhammad Ishak, serta pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim.(yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait