Kalimantan Timur
Budayakan Literasi Membaca dan Menulis di Rumah

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Bertempat di Aula Rumah Jabatan Wagub Jalan Milono No. 1 Samarinda digelar Jumpa Pegiat Literasi “Membaca dan Menulis Sepanjang Masa” bersama Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Duta Baca Indonesia Gol A Gong dan Ketua GPMB Kaltim Syafruddin Pernyata. 

 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Tour Library Kaltim 2022 yang diinisiasi Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kaltim dan didukung penuh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kaltim, pada 20-24 Juni di Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser. 

 

Wagub Hadi Mulyadi menyambut baik kegiatan yang bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan minat baca di Benua Etam ini. Apalagi turut melibatkan pegiat literasi Kaltim, terlebih menghadirkan Duta Baca Indonesia Gol A Gong. 

 

“Saya sebagai tuan rumah merasa bangga dan berterima kasih karena pada hari ini bisa berkumpul di sini para pegiat literasi di Kaltim. Saya bersama istri sejak awal berumah tangga berkomitmen untuk membudayakan literasi membaca dan menulis di rumah, jadi harus ada perpustakaan kecil di rumah. Yang pada perjalanannya menjadi bekal bagi anak-anak saya untuk bisa menulis, hasil dari banyak membaca,” jelas Hadi. 

 

Tidak hanya itu, sambung Hadi, di dalam keluarga khususnya kepada anak-anak harus digiatkan ketiga hal yaitu membaca, menulis dan berhitung (calistung). Jadi harus ada keseimbangan antara ketiganya. Di samping juga harus menanamkan kepada anak-anak pentingnya memiliki cita-cita ke depannya.  

 

“Jadi kita harus punya cita-cita yang mulia untuk membangun bangsa. Cita-cita mulia itu dituangkan dalam tulisan yang bukan hanya sekadar tulisan, tetapi mampu menggerakkan pikiran, menggerakkan hati dan menggerakkan jiwa raga serta menginspirasi pembaca untuk berbuat lebih baik untuk bangsa. Dan tulisan itu sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas literasi kita, menuju dan mewujudkan cita-cita besar bangsa ini yaitu kemandirian ekonomi, kemandirian pendidikan, kemandirian ketahanan,” urai mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini. 

 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menambahkan kunci keberhasilan literasi itu sebenarnya ada di keluarga. Bagaimana keluarga itu bisa mengembalikan fungsi literasi bagi anak-anak di rumah. Dimana orang tua dapat terlibat aktif mendukung anak-anak dalam membaca dan menulis sejak dini. 

 

“Tetapi jangan menjadikan membaca buku itu kewajiban bagi anak-anak. Melainkan bagaimana orang tua bisa aktif mendampingi anak-anak, mengenalkan buku bacaan hingga story telling yang bisa melatih anak-anak untuk mendengar, menyimak serta menyimpulkan sebuah cerita,” tambah anggota DPR RI Dapil Kaltim ini. 

 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala DPKD Kaltim Taufik, mengatakan Tour Library Kaltim 2022 mengagendakan sejumlah kegiatan di kabupaten/kota yang dikunjungi di antaranya festival literasi, pagelaran dongeng, coaching clinic penulisan, workshop membuat catatan perjalanan, workshop membuat TBM kreatif, workshop membuat novel, hingga jumpa tokoh.

 

“Kita juga akan melakukan konvoi yang diikuti sekitar 9 unit mobil perpustakaan keliling di Samarinda, Tenggarong, Balikpapan, Penajam dan Paser. Kita harapkan dengan rangkaian kegiatan Tour Library Kaltim 2022 ini semakin meningkatkan minat baca anak-anak di Kaltim sebagai generasi penerus pemegang tongkat estafet pembangunan Kalimantan Timur,” kata Taufik. (her/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait