Kalimantan Timur
Buka Festival Dahau di Kubar, Presiden : Saya Sangat Senang Warga Kubar Rukun

Foto Alman / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SENDAWAR - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Festival Dahau yang menjadi rangkaian perayaan ulang tahun Kabupaten Kutai Barat (Kubar) ke-24 di Alun-alun Itho Sendawar, Kabupaten Kubar, Jumat (3/11/2023). Presiden dan rombongan tiba di Kubar sekitar pukul 10.10 Wita. Presiden Jokowi datang menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dan mendarat di Lapangan Sepakbola Taman Budaya Sendawar.  Presiden Jokowi didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik langsung menuju Alun-alun Itho Sendawar dimana ribuan masyarakat Kubar sudah menunggu.  

"Saya senang, betul-betul senang dan gembira serta bangga. Karena bisa hadir di Bumi Tanah Purai Ngeriman di Festival Dahau yang selalu dinanti-nantikan masyarakat Kutai Barat," ucap Presiden Jokowi di hadapan puluhan ribu masyarakat Kubar. 

Menurut Jokowi, Indonesia adalah negara yang besar dengan keberagaman dan kemajemukan. Bahkan, Indonesia memiliki 714 suku yang berbeda-beda.  Sebab itu, sudah menjadi kewajiban masyarakat Indonesia khususnya warga Kubar untuk melestarikan, memajukan kebudayaan daerah dan menggerakkan industri kreatif. 

"Melalui festival-festival budaya di daerah seperti ini, kita bisa saling belajar tentang kekayaan dan tradisi nilai-nilai budaya bangsa. Toleransi, kerukunan dan keharmonisan yang sudah terjalin erat diwariskan para pendahulu kita dapat dijaga dengan baik," pesan Presiden Jokowi.  

Orang nomor satu Indonesia itu juga memuji semangat bhineka tunggal ika terlihat yang ditunjukkan warga Kutai Barat yang ditunjukkan pada pembukaan Festival Dahau tersebut.  Bahkan di Kubar dengan beragam suku, seperti Dayak Bahau, Tunjung, Kenyah dan Benuaq serta melayu masyarakatnya bisa tetap hidup rukun dan damai.

"Saya yakin masyarakat Kubar rukun-rukun, benar? Selalu menjaga kekompakan dan kerukunan, betul?" tanya Jokowi. 

"Memiliki tradisi yang berbeda-beda, tetapi tetap hidup rukun dan berdampingan penuh kegembiraan," puji Jokowi. 

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik bersyukur dan senang, karena karena kali ini seoerang presiden bisa hadir di Bumi Purai Ngeriman. 

"Ini berkah bagi warga Kutai Barat ya. Berkah bagi Kalimantan Timur. Untuk itu, mari optimalkan peran kita masing-masing. Perkuat kemampuan masing-masing dan kolaborasi menuju masyarakat Kaltim yang sejahtera," pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI Jokowi juga mendapatkan gelar adat Nayuuq Timang oleh Kepala Adat Besar Kabupaten Kubar. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyaksikan ikrar bupati dan wali kota se-Kaltim untuk dukungan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kaltim yang dibacakan oleh Bupati Kubar FX Yapan. 

Hadir mendampingi Presiden RI Jokowi, Menteri  BUMN RI Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara  Pratikno, Panglima TNI, Kapolri, Forkopimda Kaltim, Forkopimda Kubar. (jay/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation