Kalimantan Timur
Distributor Diminta Jual Dengan Harga Wajar


 

 

SAMARINDA - Setelah membuka Gerakan Pangan Murah 2023 Tingkat Provinsi Kaltim, Sekretaris Daerah (Sekda)  Provinsi Kaltim Sri Wahyuni meninjau operasi pasar yang digelar oleh Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Biro Perekonomian Setda Provinsi Kaltim dan Bank Indonesia Kaltim. 

 

Operasi Pasar Murah dilaksanakan di dua titik, yakni di Pasar Segiri dan Pelabuhan Pasar Pagi. 

 

Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengapresiasi pelaksanaan tersebut. Karena, menyentuh langsung kepada masyarakat. 

 

Namun demikian, meski didukung pemerintah daerah untuk stabilitas harga pangan. Diharapkan, distributor dan produsen masing-masing komoditi memiliki komitmen yang sama dalam memberikan kewajaran harga untuk masyarakat. 

 

"Kami minta distributor jangan melihat sisi bisnisnya saja. Ketika kondisi menjelang peringatan keagamaan maupun tutup tahun dapat memberikan kewajaran harga untuk masyarakat," kata Sri Wahyuni ketika meninjau operasi pasar di Pelabuhan Pasar Pagi dan Pasar Segiri Samarinda, Sabtu 23 Desember 2023.

 

Menurutnya, rantai pasok yang didistribusikan itu tetap ada, tapi harus wajar dan tidak berspekulasi.

 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan sehari-hari mereka. Terutama menjelang Hari Besar Keagamaan dan tutup tahun. 

 

"Yang jelas, untuk pasokan atau kuota sembako aman hingga dua bulan ke depan. Insyaallah aman, terutama beras. Untuk pasokan tidak masalah. Cuma, yang menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi," jelasnya. 

 

Makanya, melalui operasi pasar ini, Pemprov Kaltim melakukan monitoring. pantauan di lapangan. Dengan operasi pasar kondisi harga relatif terjangkau. 

 

Mulai harga ayam beku 0,7 ons Rp100 ribu/4 bungkus. Telur Rp48 ribu per piring. Daging lokal beku Rp110 per kilogram dan beras Bulog Rp50 per lima kilogram. 

 

Selain itu, Sekda Sri Wahyuni juga meninjau lokasi pembangunan gedung lapak ikan dan ayam Pasar Segiri serta UPT Pasar Segiri. 

 

Hadir Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Heni Purwaningsih, Kepala Diskominfo Kaltim HM Faisal, Karo Perekonomian Iwan Darmawan, Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltim M Rais, Perwakilan Bulog Samarinda, akademisi Unmul dan perwakilan pejabat terkait Pemkot Samarinda.(jay/ky/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation