Kalimantan Timur
Dorong Transformasi Pertanian Kaltim Dengan Pelibatan Pelajar

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SAMARINDA - Panen melon di UPTD Balai Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Sempaja Samarinda kali ini menjadi membahagiakan Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik.

 

"Enam puluh lima hari yang lalu, dia menyemai ini. Dan hari ini saya kedapatan nikmatnya," kata Pj Gubernur Akmal Malik penuh bangga sambil menunjuk Angel Azzahra, saat panen melon, Jumat 15 Desember 2023.

 

Angel Azzahra adalah siswi SMKN 1 Bongan Kutai Barat yang bersama 5 teman sekolahnya sedang melakukan PKL selama 5 bulan di UPTD BPPSDMP Sempaja Samarinda dan dipercaya menyemai hingga menanam buah melon.

 

"Bagaimana rasanya. Bahagia?" tanya Akmal kepada Angel Azzahra.

 

"Bahagia banget Pak," sahut Angel Azzahra.

 

Dia pun menceritakan bagaimana UPTD BPPSDMP Sempaja telah membina mereka hingga memiliki kemampuan dan keterampilan bercocok tanam, khususnya menyemai hingga menanam dan memelihara tanaman sampai panen.

 

"Kami sangat bahagia memperoleh ilmu di UPTD BPPSDMP, yaitu penyemaian GH Hidroponik," ungkapnya.

 

Akmal langsung menimpali dan berharap praktik-praktik semacam pelatihan dan pembinaan bagi siswa-siswa sekolah di Kaltim melalui program PKL bisa dilakukan dan semakin dikembangkan Dinas Pangan TPH melalui UPTD BPPSDMP Sempaja Samarinda.

 

"Sebarkan program ini di sekolah-sekolah di Kalimantan Timur," pintanya.

 

Pola ini menurut Akmal seiring dengan program jangka panjang Pemerintah Provinsi Kaltim untuk melakukan transformasi ekonomi melalui sektor pertanian dalam arti luas.

 

"Anak-anak seperti Angel inilah yang kita harapkan menjadi eksekutor transformasi ekonomi melalui ketahanan pangan di Kaltim," harapnya.

 

Kepada Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Kaltim, Akmal meminta dilakukan sinergi dan kolaborasi dengan dinas pendidikan serta instansi lain agar praktik-praktik model PKL lebih banyak diselenggarakan di Kalimantan Timur.

 

"Semoga hadir angel-angel berikutnya sebagai ujung tombak pembangunan dan pengembangan pertanian Kalimantan Timur," pungkasnya.(yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation