Kalimantan Timur
DPK Kaltim Bantu Ribuan Buku Untuk Perpusatakaan Desa di Kutim

Foto Syaid Syaiful Anwar / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SANGATTA - Guna mewujudkan misi  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim yaitu meningkatkan minat baca masyarakat dan sadar tertib arsip di Kalimantan Timur, berbagai kegiatan dan inovasi telah dilakukan termasuk memberikan bantuan ribuan buku kepada perpustakaan yang ada di kabupaten dan kota,  khususnya perpustakaan di kecamatan, kelurahan dan di desa -desa.


Seperti di sela  puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23  Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang digelar  di lapangan Kantor Bupati Kutai Timur Bukit Pelangi, Rabu (12/10/2022), DKP Kaltim memberikan bantuan ribuan buku untuk Perpustakaan Desa Swarga Bara  Sangatta, Perpustakaan Desa  Singa Geweh, Perpustakaan Kecamatan Muara Ancalong, Perpustakaan Kecamatan Sangkulirang,  bantuan buku untuk Taman Baca Lembah Lestari, serta  bantuan dana untuk pembuatan arena Perpustakaan Desa Singa Geweh. 

Kepala DKP Kaltim HM Syafranudin menjelaskan untuk membantu meningkatkan minat dan semangat membaca,  baik itu untuk pelajar dan masyarakat yang ada di desa-desa telah diserahkan puluhan ribu buku secara simbolis oleh Gubernur Kaltim kepada Bupati Kutim. 

 

"Hari ini, untuk perpustakaan di desa-desa di Kabupaten Kutim, kita telah memberikan bantuan kurang lebih 4.500 buku yang diserahkan secara simbolis Gubernur Kaltim kepada Bupati Kutim," jelas Ivan sapaan akrab Syafranudin.

 

Ivan menambahkan  bantuan  buku yang diberikan yaitu  Perpustakaan Desa Swarga Bara  Sangatta Utara sebanyak 720 judul dengan jumlah 2.160 eksemplar. Kemudian bantuan buku untuk Perpustakaan Desa  Singa Geweh 720 judul sebanyak 2.160 eksemplar. Bantuan buku untuk Perpustakaan Kecamatan Muara Ancalong   100 eksemplar. Kemudian Perpustakaan Kecamatan Sangkulirang 400  eksemplar  dan bantuan buku untuk Taman Baca Lembah Lestari  110 eksemplar.

 

"Selain bantuan ribuan buku, kita juga membantu pembuatan arena Perpustakaan Desa Singa Geweh seluas 115 m2 senilai Rp200 juta. Termasuk bantuan pembuatan arena Perpustakaan Desa Sangatta Selatan seluas 115 m2  senilai Rp200 juta," ungkap Ivan.

 

Bantuan buku untuk perpustakaan di desa lanjut Ivan adalah program DPK Kaltim agar koleksi buku-buku perpustakaan bisa terus bertambah, sehingga bertambahnya buku-buku perpustakaan dapat memotivasi para pelajar dan masyarakat  untuk meningkatkan semangat dan minat membacanya. 

 

"Upaya-upaya seperti ini terus kami lakukan setiap tahun, selain perpustakaan buku,  kami juga  melengkapi buku-buku  taman baca  atau pojok baca, dan bantuan buku-buku untuk perpustakaan di desa, akan diberikan kepada perpustakaan di 10 kabupaten kota  se-Kaltim.  Dan setiap ada permintaan buku-buku  insyaallah kita siap membantu," kata Ivan. 

Selain penyerahan secara simbolis ribuan buku, DKP Kaltim juga menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur kepada  Bupati Kutai Timur,  Wakil Bupati Kutai Timur, Ketua DPRD Kutai Timur serta Sekdakab Kutai Timur. (mar/sul/adpimprov kaltim) 

.

Berita Terkait