Kalimantan Timur
DWP Komitmen Bentuk Istri PNS Mandiri dan Kreatif

Foto Ahmad Riyandi / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Pandemi Covid-19 yang masih merebak hingga saat ini sejak dua tahun lalu, mengakibatkan terpuruknya perekonomian negara-negara di dunia secara global, termasuk Indonesia dan Kalimantan Timur. 

Diakui Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kaltim Indri Indah Winarni Riza bahwa saat ini hanya usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mampu bertahan. 

"Bahkan mampu memggerakkan perekonomian bangsa, tidak terkecuali di Kalimantan Timur," kata Indri Indah Winarni Riza saat membuka Pelatihan Merangkai Manik di Ballroom Mahakam Hotel Harris Jalan Untung Suropati Samarinda, Selasa 8 Maret 2022. 

Oleh karenanya, pemerintah terus berupaya mendorong serta menggalakkan kegiatan UMKM dengan cara memberikan dukungan permodalan, termasuk menggelar berbagai pelatihan bagi masyarakat maupun pelaku UMKM agar lebih berdaya saing. 

Salah satu kegiatan UMKM adalah produk kreatif (ekonomi kreatif) berupa kerajinan tangan (handicraft) yang memiliki nilai jual tinggi, seperti pembuatan aksesoris dari manik. 

Kerajinan manik sendiri diakuinya, bisa dibuat menjadi berbagai hasil atau produk kerajinan, seperti taplak meja, tempat tisu, kalung dan berbagai aksesoris lainnya oleh masyarakat Kaltim. 

Untuk itulah lanjutnya, melalui Bidang Pandidikan, DWP Kaltim melaksanakan pelatihan merangkai manik bagi istri-istri pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Kaltim.

"Ke depannya, para istri PNS mampu merangkai dan membuat berbagai kerajinan dari manik, sehingga terampil serta mandiri guna menambah pendapatan keluarga di masa pandemi hingga masa mendatang," ungkap istri Pj Sekda Prov Kaltim ini di hadapan 75 peserta pelatihan. 

Kali ini tambahnya, pelatihan bagi anggota dan pengurus DWP akan diajari membuat konektor dan skrap masker, sebab masih pandemi sehingga potensi pasarnya cukup besar. 

"Semoga usai mengikuti pelatihan ini, kita semua semakin terampil mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan kita menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai ekonomi dan estetis," harap Indri Riza seraya menambahkan kegiatan dalam rangka melaksanakan program kerja Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 yang selayaknya dilaksanakan pada Februari lalu. 

Kegiatan bertema Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas Perempuan Kaltim diikuti pengurus DWP Provinsi Kaltim dan Ketua DWP OPD lingkup Pemprov Kaltim serta instansi vertikal/kementerian/badan/lembaga di Kaltim. (yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Wagub Berikan 7 Sepeda Untuk HUT DWP
Wagub Berikan 7 Sepeda Untuk HUT DWP

19 Desember 2019 Jam 22:17:55
DWP

DWP Gelar Lomba Senam Tobelo
DWP Gelar Lomba Senam Tobelo

07 Desember 2017 Jam 06:42:59
DWP

DWP Gelar Seminar Germas dan IVA Test Gratis
DWP Gelar Seminar Germas dan IVA Test Gratis

27 November 2018 Jam 18:40:17
DWP

Government Public Relation