Kalimantan Timur
Gubernur Ajak Masyarakat Dukung Herd Immunity

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Timur untuk bervaksin, khususnya bagi mereka yang memenuhi syarat, baik dari segi usia hingga kesehatan. Karena menurut Gubernur, vaksinasi adalah salah satu upaya penting yang harus dilaksanakan di tengah kondisi saat ini, dimana terjadi lonjakan penularan Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir.  

"Kondisi saat ini kita maklumi, tolong kita menjaga bersama-sama. Salah satu yang penting harus dilaksanakan adalah vaksinasi. Ayo masyarakat segera ikut vaksin, untuk mengamankan diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Karena tidak ada orang mati yang divaksin. Jika pun ada itu adalah orang yang memang punya penyakit bawaan," kata Isran Noor usai membuka Mubes IV DPP Ika Pakarti di Hotel Midtown Samarinda, Jumat (2/7) sore.  

Saat ini, lanjut Isran, realisasi vaksinasi sudah di angka 58 persen dari 3,7 juta penduduk Benua Etam atau sudah sekitar 1,9 juta penduduk yang sudah divaksin. Saat ini sudah datang sekitar 700 ribu dosis vaksin dari pemerintah untuk segera disalurkan ke daerah-daerah sehingga bisa digunakan ke masyarakat.  

"Ada vaksin datang 700 ribu dosis, jika ditambah dengan realisasi vaksinasi di Kaltim, maka mencapai 70-80 persen masyarakat yang sudah divaksin dalam sebulan ke depan. Dalam standar WHO sudah terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Semoga ikhtiar ini akan menekan penularan Covid-19 di Kaltim," tegas Isran.  

Mantan ketua Apkasi ini juga meminta kepada paguyuban-paguyuban kedaerahan yang ada di Kaltim agar mengimbau dan mengajak warganya untuk melakukan vaksinasi pada fasilitas kesehatan atau tempat yang telah ditunjuk pemerintah. 

"Ika Pakarti ini adalah keluarga besar, bisa menjadi sponsor untuk melakukan vaksinasi bagi warga paguyubannya. Di sini juga hadir ketua PDKT dan ketua KKSS. Mari imbau dan ajak warga masing-masing untuk ikut vaksinasi Covid-19. Di samping juga kita harus terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Saya selalu ingatkan ini karena merasa punya tanggung jawab moral sebagai kepala daerah, demi dan untuk kesehatan masyarakat Kaltim," seru Isran. (her/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Terus Melandai, Tetap Prokes
Terus Melandai, Tetap Prokes

30 Agustus 2021 Jam 21:58:25
Kesehatan

FK Unmul: Hasil Swab Bisa Sehari
FK Unmul: Hasil Swab Bisa Sehari

27 Juli 2020 Jam 20:09:41
Kesehatan

Tenang, Produktif, Waspada
Tenang, Produktif, Waspada

15 September 2020 Jam 23:48:32
Kesehatan

Government Public Relation