Kalimantan Timur
Gubernur Ajak Masyarakat Kembangkan Musik Keroncong

Festival Keroncong 2015

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak masyarakat Kaltim untuk mengembangkan musik keroncong. Gubernur menyayangkan karena perkembangan musik keroncong seolah jalan di tempat, bahkan nyaris dilupakan. Karena itu diharapkan Festival Keroncong 2015 se-Kaltim yang digelar di Radio Republik Indonesia (RRI) akan mendukung  perkembangan musik keroncong di Kaltim.

“Saya berharap melalui festival ini, dapat  mewujudkan terciptanya apresiasi masyarakat terhadap pengembangan seni suara, khususnya musik keroncong. Festival ini juga dapat menjadi wahana penyaluran bakat olah vokal di dunia musik keroncong. Karena itu, saya memberi apresiasi atas kerjasama Radio Republik Indonesia Samarinda bersama Himpunan Artis Keroncong Indonesia (Hamkri) Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak di sela-sela Final Festival Nyanyi Keroncong 2015 se Kaltim di RRI Samarinda, Selasa malam (10/3).

Banyak ragam seni musik di Indonesia, salah satunya musik keroncong. Namun saat ini seakan pudar atau  dilupakan. Karena itu, festival ini patut didukung dan sangat penting bagi kelestarian musik keroncong, sekalis sebagai ajang penyaluran bakat dan aktivitas generasi muda.

“Saya senang, karena festival ini diikuti sejumlah generasi muda. Diharapkan melalui generasi muda, musik keroncong bisa dilestarikan di daerah ini,” jelasnya.

RRI sebagai salah satu radio siaran tertua, mengemban misi yang cukup besar dan strategis dalam membina seni budaya yang berkembang di dalam masyarakat. Karena itu, festival ini juga akan memberikan apresiasi tersendiri bagi pelaku seni, sekaligus memberikan dampak positif bagi lahirnya generasi muda peminat musik keroncong.

Kepala Stasiun RRI Samarinda Suyono mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian memeriahkan HUT ke-58 Provinsi Kaltim untuk mewujudkan terciptanya apresiasi masyarakat terhadap pengembangan seni suara, sebagai wahana penyaluran bakat olah vokal di dunia musik keroncong.

Dari festival tersebut sebagai juara pertama kategori putra M Rivai, kedua M Rizal dan ketiga Abdul Salam. Sedangkan kategori putri juara pertama diraih Shafa Maesya, kedua Rabiatul Maulida dan juara ketiga Clariens J. (jay/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Lebih Bergairah
Lebih Bergairah

29 Desember 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Lensa Kaltim Maju 2018
Lensa Kaltim Maju 2018

19 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

17 September 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation