Kalimantan Timur
Gubernur Blusukan Kembali Ke Pedalaman

Foto Istimewa

SAMARINDA - Gubernur Isran Noor akan kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke pedalaman Kaltim, 3-4 Juli 2023. Selain untuk meninjau kondisi jalan nasional menuju Kecamatan Tabang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Gubernur juga akan menyapa para petani, peternak dan masyarakat, sekaligus menyerahkan berbagai bantuan di beberapa desa dan kelurahan. Dengan serangkaian peninjauan dan pertemuan, diperkirakan Gubernur dan rombongan baru akan tiba di Kecamatan Tabang, pada Senin malam hari.  

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Hj Syarifah Alawiyah mengungkapkan, Gubernur Isran Noor dan rombongan  akan berangkat  dari Kantor Gubernur Kaltim di Jalan Gajah Mada Samarinda pada Senin, 3 Juli 2023, sekitar pukul 09.00 Wita. 

Lokasi pertama yang akan dikunjungi Gubernur Isran Noor adalah Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong. Di sini, Gubernur akan memimpin Gerakan Tanam Padi 1000 hektare. Selanjutnya, secara simbolis Gubernur Isran Noor akan menyerahkan  bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang disiapkan melalui APBD Provinsi Kaltim. Alsintan yang diberikan berupa hand tractor roda 2 sebanyak 2 unit dan combine harvester 2 unit. Selain itu, masih banyak bantuan lain yang akan diserahkan untuk UMKM, puskesmas, bumdes, miniranch dan lainnya. 

Setelah bertemu petani dan peternak di Bukit Biru, Gubernur dan rombongan akan melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju Desa Kelakat, Kecamatan Kembang Janggut. Masih di Kabupaten Kutai Kartanegara. Estimasi waktu perjalanan dari Kelurahan Bukit Biru menuju Desa Kelakat sekitar 4 jam. 

“Di Desa Kelakat, Gubernur akan meninjau Program Prioritas Rumah Layak Huni (RLH), sekaligus penyerahan RLH,” ungkap Syarifah Alawiyah.     

Pada kesempatan yang sama Gubernur juga akan menyerahkan bantuan pupuk intensifikasi kelapa sawit untuk Desa Hambau, Kecamatan Kembang Janggut (Dinas Perkebunan), bantuan obat dan vitamin, cek kesehatan (Dinas Kesehatan). Sedangkan dari Dinas Kehutanan melalui KPHP Sub-DAS Belayan, Gubernur akan menyerahkan bantuan sapi dan kandang untuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Desa Teluk Muda Kecamatan Kenohan.

Bantuan bibit kayu putih, pupuk dan biaya kegiatan penanaman hutan rakyat di Desa Kahala Kecamatan Kenohan. Bantuan stup lebah kelulut untuk KUPS Desa Semayang, KUPS Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan dan KUPS Desa Muara Siran Kecamatan Muara Kaman.

Ada pula bantuan bibit pohon untuk penghijauan dari tiga perusahaan PT Rencana Mulia Baratama, PT Indo Bara Pratama dan PT Guruh Putra Bersama.  

Selanjutnya, pada Selasa, 4 Juli 2023, Gubernur akan meresmikan Jembatan Belayan sekaligus melakukan serah terima aset Jembatan Belayan di Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara.  Gubernur juga akan meninjau berbagai produk lokal UMKM Muara Ritan. Acara juga dirangkai dengan penyerahan beasiswa dan sumbangan dari PT Fajar Sakti Prima. 

“Jadi ada kolaborasi pembangunan. Selain melalui anggaran pemerintah, Pak Gubernur juga terus mendorong tanggung jawab sosial perusahaan melalui CSR yang tepat guna, tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Juru Bicara Gubernur Kaltim itu.

Rangkaian kunjungan kerja Gubernur akan diakhiri dengan penanaman dalam Program Prioritas Pangan Untuk Penghijauan yang akan dipandu oleh Badan Pengelola Pangan Untuk Penghijauan (BPPUP). Pohon ditanam di Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang.

“Untuk kunjungan ke pedalaman ini, Gubernur ingin memastikan bahwa program-program prioritas dalam visi Kaltim Berdaulat semua berjalan sesuai rencana,”   kata Yuyun, sapaan akrabnya. 

Kunker akan diikuti unsur Forkopimda Kaltim, OPD Pemprov Kaltim, BBPJN, TGUP3, DPD RI, DPRD Kaltim dan instansi teknis terkait lainnya. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong
Government Public Relation