Kalimantan Timur
Gubernur Isran di Tim Transisi IKN

Foto Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

PROGRES  IKN terus bergerak. Melalui Keputusan Presiden Nomor 9M Tahun 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik mantan Wakil Menteri Perhubungan yang juga pakar infrastruktur dan transportasi Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita IKN. 

 

Untuk membantu Bambang di IKN, Presiden Joko Widodo menunjuk  Dhony Rahajoe menjadi wakil kepala. Sebelumnya Dhony adalah Managing Director President Office Sinarmas. Dhony dinilai sangat berhasil saat membangun kawasan baru futuristik, Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan.

 

Otorita IKN sendiri hingga saat masih berproses menuju struktur resmi. Badan setingkat kementerian ini  diharapkan sudah bisa bekerja efektif mulai akhir tahun ini.

 

Dalam proses itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah menandatangani Keputusan Mensesneg Nomor 105 Tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 28 April 2022.

 

Tim Transisi akan dipimpin langsung oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Wakil ketua tim transisi juga akan dipegang oleh Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

 

Seperti banyak harapan masyarakat,  pemerintah diminta tidak 'meninggalkan" daerah dalam proses pemindahan ibu kota negara ke Sepaku Penajam Paser Utara itu. Baik dalam pelibatan sumber daya manusia daerah maupun pembangunan infrastrukturnya. 

 

"Intinya, jangan sampai IKN-nya gemerlap, tapi daerah pinggirannya masih gelap gulita dan jalannya berlubang-lubang. IKN harus berdampak pada 10 kabupaten dan kota, bukan hanya bagus di IKN dan kota penyangga," kata Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, saat Musrenbang RKPD 2023 pertengahan April lalu.

 

Aspirasi ini pun direspon pusat. Salah satunya dengan melibatkan Gubernur Isran Noor dalam Tim Transisi IKN sebagai Anggota Tim Penasihat.

 

"Gubernur Isran Noor akan menjadi jembatan aspirasi. Beliau pasti akan memberikan pendapat yang berbobot dan bermanfaat untuk Indonesia, juga untuk Kaltim tentunya," kata Ketua Tim Gubernur Untuk Pengawasan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Kaltim, H Adi Buchari Muslim, Minggu (8/5/2022).

 

Dia juga berharap agar seluruh organisasi perangkat daerah memberikan masukan yang tepat dan akurat sehingga aspirasi yang disampaikan Gubernur Isran Noor terkait IKN nanti juga sesuai kondisi lapangan dan terbaik untuk proyeksi ke depan.

 

Selain Gubernur Isran Noor, Rektor Universitas Mulawarman Samarinda Prof Masjaya juga didaulat menjadi Anggota Tim Ahli di Tim Transisi IKN.

 

Sebagai tambahan informasi, Tim Penasihat diketuai mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

 

Empat anggotanya adalah Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, serta Deputi Bidang Perundang-undangan dan Administrasi Hukum Kemensetneg Lydia Silvanna Djaman.

 

Sedangkan untuk Tim Ahli dikoordinatori oleh  Dr Wicaksono Sarosa, dengan anggota Prof Masjaya, Sofian Sibarani, Irfan Ahadi Tachrir dan Yose Rizal. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong
Government Public Relation