Kalimantan Timur
Gubernur Isran : "Etam Kompak" Jaga Marwah Sejarah Nusantara di Kaltim


SAMARINDA - Provinsi Kaltim merupakan salah satu wilayah terbesar dari sejumlah provinsi di Indonesia. Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menegaskan, Benua Etam Kaltim memiliki sejarah besar, yaitu memiliki kerajaan tertua di nusantara. Rajanya dikenal dengan nama Kudungga. Memiliki Anak bernama Asmawarman dan cucu bernama Mulawarman. Mulawarman pun memiliki anak dan menyebarkan kepemimpinannya ke berbagai wilayah nusantara, yakni Adityawarman memimpin di Wilayah Melayu Sumatera dan Purnawarman di Jawa Barat.

 

"Sejarah ini jangan kita hilangkan. Artinya, sejarah nusantara ini ada di Bumi Etam Kalimantan Timur. Saya tidak membangga-banggakan daerah kita. Tapi, itu adalah sebuah sejarah yang wajib dicatat," tegas Isran Noor ketika kunker ke pedalaman Kukar baru-baru ini, tepatnya di Desa Pela Kota Bangun.

 

Bagi Isran, keberadaan sejarah ini wajib dicatat dan tanamkan seluruh warga Kaltim khususnya masyarakat Kutai Kartanegara. Karena, merupakan sejarah berdirinya Kerajaan Kutai Ing Martadipura dan menyebar di seluruh nusantara.

Bahkan, hingga sekarang wilayah Kerajaan Kutai Ing Martadipura merupakan daerah yang damai dan sangat menghargai pendatang.

 

"Karena itu, saya mengajak seluruh rakyat jangan mau di adu domba. Jangan mau dipecah belah oleh kelompok-kelompok apa saja. Makanya, saya minta Etam Kompak jaga marwah sejarah nusantara di Kaltim ini,"  tegas Isran.

 

Isran meyakinkan, siapa saja pendatang diterima dengan baik, baik Sulawesi, Jawa, Sumatera hingga seluruh nusantara.(jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation