Kalimantan Timur
Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Mata Kaltim

dok.adpimkaltim

SAMATINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Rumah Sakit Mata Provinsi Kalimantan Timur yang berlokasi di Jalan M Yamin Samarinda.

 

"Rumah sakit ini sangat diperlukan," buka Isran saat memberi sambutan di area peletakan batu pertama rumah sakit tersebut, Jumat (24/9/2021).

 

Gubernur mengungkapkan sebelumnya,  pihaknya berencana merehab RSUD AWS.  Namun dengan berbagai pertimbangan rencana itu urung dilakukan.

 

Pembangunan rumah sakit dinilai sangat penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya terkait penyakit mata.

 

"Rumah sakit itu, kondisi sekarang dan nanti akan sangat diperlukan. Apalagi kata Menteri Kesehatan, Covid-19 ini masih akan berlangsung hingga lima tahun ke depan. Jadi rumah sakit seperti ini pasti sangat diperlukan," kata Isran lagi.

 

"Target dua tahun sudah selesai," ucap Isran  menjawab pertanyaan wartawan.

 

Kepala Dinas PUPR dan Pera  Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda mengungkapkan Rumah Sakit Mata Provinsi Kalimantan Timur ini dibangun menggunakan APBD tahun 2021   dengan nilai kontrak  tahap 1 senilai Rp 17,7 miliar. Proyek ini akan dikerjakan oleh PT EN Handayani Group. Sedangkan pengawasan oleh PT Geomap Consultant International dengan anggaran Rp 861 juta. Sementara pra perencanaan oleh CV Widya Aika dengan kontrak 378 juta bersumber dari APBD-P 2020.

 

Rumah sakit ini akan dibangun 6 lantai dengan total anggaran dibutuhkan sekitar Rp 80 miliar.

 

Tahap 1 pekerjaan meliputi struktur lantai 1 dan 2. Pekerjaan finishing arsitektur berupa dinding dan partisi, lantai, plafon, kusen, sanitari, dan lainnya.

 

"Luas lahan keseluruhan 5.327 M2. Lantai 1 untuk IGD, laboratorium, radiologi, farmasi dan utilitas," jelas Aji Muhammad Fitra Firnanda.

 

Lantai 2 disiapkan untuk rawat jalan, rehabilitasi medik, sarana penunjang medik, laundry, gizi dan CSSD.

 

Lantai 3 ruang lasik dan operasi, lantai 4 rawat inap (36 bed), lantai 5 office management dan lantai 6 roof garden.

 

Hadir dalam peletakan batu pertama tersebut Wakil Wali Kota Samarinda H Rusmadi, Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa, Karo Adpim HM Syafranuddin dan para direktur rumah sakit  pemerintah dan swasta. (sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
BERITA FOTO
BERITA FOTO

19 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Jembatan Pulau Balang Tuntas 2019
Jembatan Pulau Balang Tuntas 2019

05 September 2018 Jam 19:25:50
Pembangunan

24 PNS Ikuti Diklat Bahasa Inggris
24 PNS Ikuti Diklat Bahasa Inggris

22 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation