Kalimantan Timur
Gubernur Minta Utamakan Alkes Produksi Dalam Negeri

Foto Adi Suseno / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Isran Noor meminta Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) Kaltim untuk mengutamakan alat-alat kesehatan dan laboratorium produk dalam negeri dalam pengadaan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltim dalam sambutan yang dibacakan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, Andi Muhammad Ishak, pada pelantikan Pengurus Gakeslab Indonesia Provinsi Kaltim periode 2022-2025 di Ruang Ruhui Rahayu, Rabu, 30 Maret 2022.

“Sesuai Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi, Pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dan Laboratorium disarankan memakai produk dalam negeri” sebut Andi.

Hal itu juga sejalan dengan program pemerintah dalam menyosialisasikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang pencanangannya dilaksanakan di Samarinda pada Oktober tahun lalu.

Gubernur Kaltim juga berharap, pengurus Gakeslab Kaltim yang baru dilantik, dapat merangkul semua stakeholder untuk berupaya maksimal dalam mendukung dan mewujudkan kesehatan masyarakat.

Terlebih saat ini, menurutnya, geliat pembangunan IKN baru di Kaltim nantinya memberi dampak positif terhadap pembangunan dan pengembangan daerah.

“Peran Gakeslab nantinya pasti memiliki andil yang besar dalam pemenuhan alkes di IKN Nusantara maupun daerah penyangga,”tuturnya.

Sementara, Ketua Gakeslab Kaltim yang baru dilantik Mujiono mengatakan, Gakeslab Kaltim menjadi mitra pemerintah dalam pemenuhan kesehatan melalui penyediaan alat kesehatan maupun alat laboratorium.

“Saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Gakeslab juga menjadi garda terdepan dalam penanggulangan, melalui penyediaan alat pelindung diri, masker medis dan oksigen," pungkasnya. (gie/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait