Kalimantan Timur
Gubernur Panen Kelengkeng dan Serai Wangi di Kendilo


TANAH GROGOT - Setelah dari Gunung Embun, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dan rombongan kunker wilayah selatan lanjut ke Kantor UPT KPHP Kendilo Desa Suweto Kabupaten Paser. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Dinas Kehutanan Kaltim.

Di Kendilo, Gubernur Isran didampingi Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Mashitah Assegaf.  Mereka meninjau kebun kelengkeng dan areal wisata alam agro forestry 

"Bagus kegiatannya. Alhamdulillah manis lengkengnya. Terus dikembangkan," pesan Isran Noor yang juga didampingi Kadis Kehutanan Kaltim H Amrullah, Jumat (15/10/2021).

Produksi kelengkeng 200 pohon saat ini ada di tiga titik di Agro Forestry UPT KPHP Kendilo. Sekitar 2.000 bibit dalam perawatan.

Menurut Isran, tanaman yang dikembangkan produksinya harus didistribusikan atau dijual keluar Paser. Sehingga bernilai lebih dan meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja yang merawat kebun tersebut.

"Tetap semangat, meski masih kecil. Tapi, hasil ada, tentu akan besar manfaatnya ke depan nanti," pesannya.

Selanjutnya, Isran berpesan, apa yang dikembangkan KPHP Kendilo harus mampu dimanfaatkan masyarakat Kaltim, bahkan bisa ekspor ke luar negeri.

Setelah dari di Agro Forestry, Gubernur dan rombongan singgah dan mengunjungi penyulingan minyak atsiri di Desa Suweto.

Dari rangkaian ini, gubernur dan rombongan OPD terkait juga melihat demonstrasi pembuatan arang kayu dan cuka kayu. Melakukan panen madu kelulut kelenceng, penanaman pohon kayu putih, pemanenan serai wangi, dan penyerahan bantuan alat cultivator kepada masyarakat pengelola kawasan hutan. (jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Disbun Kembangkan SIP Kebun Online
Disbun Kembangkan SIP Kebun Online

25 November 2018 Jam 19:05:37
Perkebunan

Harga TBS Periode Maret Turun
Harga TBS Periode Maret Turun

08 Maret 2018 Jam 19:50:17
Perkebunan

Government Public Relation