Kalimantan Timur
H-2 Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, Arus Mudik Terpantau Padat

Foto Yuvita / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Arus mudik lebaran atau sebelum Hari Raya Idulfitri setiap tahun menjadi rutinitas masyarakat Indonesia tak terkecuali di Kaltim. Tampak menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, arus mudik lebaran H-2 terpantau padat, baik angkutan laut, darat dan udara.

 

"Jadi, per Sabtu 30 April 2022, kondisi arus mudik baik laut, udara dan darat di Provinsi Kaltim, baik datang maupun pergi terpantau padat," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring,  kepada Tim Publikasi Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim, Sabtu 30 April 2022.

 

Menurut Sembiring sapaan akrabnya, kepadatan tersebut terpantau setelah dilakukan pengawasan di sejumlah titik keberangkatan maupun kedatangan masyarakat yang mudik lebaran.

 

Contohnya darat, (lalu lintas angkutan jalan) terjadi peningkatan dan kepadatan penumpang di terminal Sungai Kunjang  Samarinda yang mayoritas penumpang tujuan Muara Muntai. Akibat kekurangan kendaraan bus, ada pengalihan 1 unit bus Damri dari terminal Lempake yang harusnya ke Bontang dialihkan ke Muara Muntai. 

 

"Sehingga untuk bus Damri Jurusan Bontang dari Terminal Lempake, karena penumpang tidak terlalu banyak bisa dihandle PO lain," jelasnya.

 

Kemudian untuk pelayaran (angkutan laut dan ASDP), dari Dermaga Sungai Kunjang Samarinda dilaporkan ada 3 kapal yang dijadwalkan berangkat, yakni KM Nur Annnisa, tujuan Samarinda - Melak, penumpang 144 orang dan barang (sembako) 10 ton. KM Akbar Amanda – 01, tujuan Samarinda - Long Bagun, Penumpang 142 orang dan barang (sembako) 60 ton. KM Kurnia Fratama – 03, tujuan Samarinda - Muara Pahu, penumpang 57 orang dan barang (sembako) 5 ton.

 

Sementara, situasi di Pelabuhan Semayang Balikpapan terpantau aman, lancar dan terkendali.

 

"Kapal tujuan Surabaya keberangkatan sebelum lebaran (H-1) terakhir hari Sabtu 30 April 2022 dan ada jadwal kembali tanggal 9 dan 10 Mei 2022," ucap Sembiring.

 

Sedangkan kapal tujuan Pare-Pare keberangkatan sebelum lebaran (H-1) terakhir hari Minggu 1 Mei 2022.

KM Bukit Siguntang tujuan Balikpapan – Tarakan diberangkatkan pukul 13.20 Wita.

KM. Dharma Rucitra VII tujuan Balikpapan – Surabaya diberangkatkan pukul 13.50 Wita.

 

Situasi di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau Balikpapan terpantau aman, lancar dan terkendali. KMP Laskar Pelangi tujuan Balikpapan – Mamuju dijadwalkan berangkat hari ini.

 

Jadwal keberangkatan/kedatangan kapal dari/di Pelabuhan Bontang sebelum H-1 lebaran sudah tidak ada. Dijadwalkan ada kedatangan/keberangkatan kapal tanggal 13 dan 17 Mei 2022.

 

Jadwal keberangkatan/kedatangan kapal dari/di Pelabuhan Samarinda sebelum H-1 lebaran sudah tidak ada.

 

Sedangkan dari angkutan udara, Bandara APT Pranoto, total jumlah penumpang dari H-7 sampai  H-3 (Jumat, 29 April 2022) berangkat sebanyak 7.328 orang dan datang 4.084 orang. Sementara Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, total jumlah penumpang dari H-7 sampai H-3 (Jumat, 29 April 2022) berangkat 38.169 orang dan datang 21.809 orang. (jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait