Kalimantan Timur
Hadir di Festival 6 SCTV, Sekda Sri Ungkap Pariwisata dan Event Unggulan Benua Etam

Foto Adi Suseno / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

JAKARTA - Kalimantan Timur semakin dikenal bukan hanya sebagai penyumbang devisa negara terbesar melalui kekayaan sumber daya alamnya, tetapi kekhasan dan keunggulan potensi pariwisatanya, termasuk ekonomi kreatif lokal.

“Kalender event menjadi sebuah strategi yang harus berlanjut, bahkan beberapa event Kaltim masuk Kharisma Event Nasional. Dan tahun ini ada tiga, yakni TIFAF di Kutai Kartanegara, Balikpapan Fest dan Festival Lomplai," ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni dalam Festival 6 garapan media televisi nasional terkenal Liputan 6 SCTV di Kawasan Senayan Park Jakarta, Ahad 9 Juli 2023. 

Masih dalam program siar Festival 6 yang bertema Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata Pascapandemi, Sekda Sri berharap ke depan semakin banyak event di Kaltim yang masuk dalam Kharisma Event Nasional.

 

Terlebih setelah Kaltìm menjadi serambi Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota baru Indonesia, maka Pemerintah Provinsi Kaltim bersama kabupaten dan kota terus memacu penyelenggaraan event seni budaya dan pariwisata. 

"Saat ini, sedang berlangsung event MICE tapi bercampur festival budaya yaitu OICCA atau aktivitas kunjungan budaya dari negara-negara OKI. Di Indonesia baru pertama dan Kaltim menjadi tuan rumahnya," urai mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim itu. 

Khusus kegiatan OICCA (Organization Islamic Cooperation Culture Activity) di Kaltim, lanjutnya, peserta kunjungan budaya negara-negara Islam ini menghadiri Pesta Budaya Pampang di Samarinda, berlanjut malam nanti ke event budaya Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) Kutai Kartanegara. 

"Dan mereka akan mengikuti Kaltim Fest di Samarinda hingga 14 Juli ini," ujarnya. 

Sebelumnya, Festival 6 bertagline Lintas Generasi Tanpa Batas dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dan berharap semua bergerak bersinergi membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi melalui adaptasi, inovasi dan kolaborasi. 

"Kita harus membangun network yang kuat sehingga event sukses dilaksanakan dan terbuka lapangan kerja, serta ekonomi semakin pulih," harapnya. 

Program siar Festival 6 besutan Liputan 6 SCTV dipandu Risca Andalina, juga menghadirkan narasumber Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Niel Himam, Sekjen PHRI Maulana Yusan dan Wali Kota Tarakan Dr Khairul. 

Hadir mendampingi Sekda, Kadis Kominfo Kaltim M Faisal dan Kepala Banhub Kaltim Raihan Fida Nuzband. (yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation