Kalimantan Timur
Hadiri Hari Santri Nasional, Akmal Malik: Pembangunan Akhlak dan Jasmani Harus Seimbang

Foto S. Fathur Rachman / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SAMARINDA - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2023 di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Minggu (22/10/2023).

 

Akmal Malik mengatakan keseimbangan antara pembangunan akhlak dan jasmani harus dilakukan secara berimbang dan selaras.

 

"Ke depan, jangan hanya fokus pada pembangunan jasmani , tapi rohaninya juga harus kita bangun," kata Akmal.

 

Dia pun mengucapkan mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2023 untuk seluruh masyarakat dan santri di Indonesia, Kaltim khususnya.

 

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kaltim untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta terus berkontribusi untuk Indonesia.

 

"Jangan lelah untuk terus meningkatkan kemampuan kita semoga santri-santri kita bisa terus berkontribusi untuk kejayaan Kaltim dan Indonesia," tandasnya.

 

Sebab itu kata dia, pihaknya akan terus menggandeng para pemangku kepentingan pembinaan rohani di Kaltim.

 

Antara lain untuk meningkatkan aspek-aspek seperti pembinaan Alqur'an dan pemahaman terhadap akhlak.

 

"Kita akan menggandeng semua mitra. Kanwil Kemenag, ormas-ormas, NU Muhammadiyah dan lainnya," tambahnya.

 

"Untuk pembinaan agama, kita perlu kolaborasi yang lebih kuat di masa depan," kata Akmal.

 

Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Abdul Khaliq menambahkan Kaltim akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2024. Sebagai tuan rumah Kaltim harus siap. Baik untuk pencapaian prestasi maupun dalam penyelenggaraannya. (sul/ky/adpimprov kaltim)

 

 

 

*Akmal Terpukau Pantai Amal. Tempat Paling Bagus Melihat Keindahan Kota Balikpapan di Malam Hari*

 

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengaku sangat terpukau menikmati keindahan Pantai Istana Amal atau Pantai Amal di Penajam. 

 

Minggu sore (22/10/2023) Pj Gubernur Akmal berkunjung ke pantai yang berhadapan langsung dengan Kota Balikpapan itu. Selain menikmati suasana pantai, Pj Akmal Malik juga berkesempatan bermain jetski di Laut Balikpapan.

 

"Barusan kita cobain bisnis wisatanya PPU. Namanya Pantai Amal.  Mudah-mudahan orang yang datang ke sini amalnya bertambah,"  ucap Akmal Malik usai bermain jetski bersama Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun. 

 

Akmal menilai potensi Pantai Amal ini sangat bagus.  

 

"Di sini adalah tempat  yang paling bagus untuk melihat Kota Balikpapan di malam hari. Sangat indah," tambah Akmal.

 

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu sangat yakin pantai ini kelak akan menjadi incaran tempat wisata bagi 1,8 juta orang yang akan masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

Akmal menjelaskan, dirinya sudah ke Kota Bontang. Di sana mereka memiliki keunggulan kuliner, khususnya ikan bawis. Keunggulan seperti ini tentunya sangat penting.

 

"Jadi ketika orang datang, tempatnya indah, makanannya nyaman.   Terpenting lagi hospitality, keramahtamahan, senyum. Kunci pariwisata itu senyum," paparnya.

 

Menurutnya, Kabupaten PPU masih menyimpan potensi lain salah satunya adalah potensi wisata diving (bawah laut). 

 

Selain itu, kata dia, mengangkat bisnis pariwisata juga perlu ada cerita yang dijual kepada publik. 

 

"Seperti cerita tentang Malin Kundang di tempat saya. Ada juga di Eropa namanya Danau Longnest. Konon ada makhluk aneh luar biasa yang muncul setiap bulan purnama, sampai sekarang tidak pernah bisa dilihat. Tapi karcisnya habis terus,"  cerita Akmal.

 

"Pariwisata itu  harus ada skenarionya.  Tuhan sudah kasih kita tempat indah. Tinggal mendesain, bangun skenario, sinergikan dengan hospitality dan kulinernya, wisatanya indah orangnya ramah,"  pungkasnya. (sul)

Berita Terkait
Government Public Relation