Kalimantan Timur
Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Akmal : Perlu Gerakan Tanam dan Tidak Boros Pangan

OTDA Kemendagri RI

JAKARTA -  Penjabat  (Pj)  Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri Rapat Koordinasi Penjabat Kepala Daerah Bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang  Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung A  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta, Selasa  (5/12/2023). 

 

Pj Gubernur Akmal Malik mengungkapkan  Menteri Dalam Negeri  Tito Karnavian memberikan lima instruksi/arahan terkait inflasi di daerah.

 

"Pertama, melakukan gerakan tanam.  Kedua, pendistribusian bantuan kepada keluarga penerima manfaat agar tepat sasaran," kata Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik usai pertemuan.

 

Arahan ketiga dari Mendagri Tito Karnavian agar menggalakkan kampanye tidak boros pangan. 

 

Keempat, melakukan rekonsiliasi data dan kelima melakukan gerakan stabilisasi pasokan harga pangan.

 

Pada momen tersebut, Mendagri Tito Karnavian juga berpesan agar rakyat Kaltim dapat menjaga kedamaian daerah menghadapi pemilu. 

 

"Untuk itu saya imbau rakyat di Kalimantan Timur agar selalu menjaga kondusifitas, bagi ASN menjaga netralitas dalam pemilu tahun depan,"  pesannya.

 

Sementara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam arahannya  juga membahas berbagai hal terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di daerah. 

 

Tito Karnavian pun menyingung kondisi global yang saat ini tidak baik-baik saja. Hal ini juga berpotensi menjadi ancaman bagi negara lain, termasuk pula Indonesia.

 

"Kita memang tidak pernah lepas dari lingkup global kalau bicara masalah barang, pangan, jasa. Pasti ada kenaikan. Kenaikan ataupun deflasi penurunan tidak akan lepas dari pertumbuhan ekonomi,” ujar Tito. (ayu/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation