Kalimantan Timur
Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Ajak Semua Peduli Penyandang Difabel


TANJUNG REDEB - Memasuki hari kelima kunjungan kerjanya ke pesisir utara Kalimantan Timur, Gubernur H Isran Noor bersama Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi menghadiri Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Selasa 21 Desember 2021.

 

Kegiatan di Balai Mufakat Pendopo Rumah Jabatan Bupati Berau dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih dan H Gamalis.

 

Peringatan HDI dirangkai penyerahan santunan Covid-19 bagi warga Kabupaten Berau (183 ahli waris dan anak yatim/yatim piatu 172 orang), diawali persembahan lagu oleh Nurahma Adinda, dilanjut penyampaian pesan dan kesan oleh Lusdiana, juga dihadiri rombongan kunker Pemprov Kaltim.

 

Dalam penanganan penyandang disabilitas, Gubernur Isran Noor mengingatkan, sekaligus mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukannya.

 

"Dalam hal ini, jangan peiya-iyanya. Biar Gubernurkah, siapa aja. Pendak penjuluk, kada sampai, biar bejajak naik kursikah, patah kursinya. Pokoknya jangan peiya-iyanya, tapi bersama-sama," pesan mantan Bupati Kutai Timur ini.

 

Dalam penanganan penyandang difabel, ditegaskannya, Pemprov Kaltim telah berkomitmen, bahkan sudah tertuang dalam visi misi Kaltim Berdaulat bagi warga Benua Etam yang mengalami kecacatan.

 

Pemerintah Provinsi Kaltim mendukung penuh kesetaraan para penyandang disabilitas dan mengambil tindakan agar penyandang disabilitas diikutsertakan dalam semua aspek masyarakat dan pembangunan.

 

"Warga Kaltim memiliki hak yang sama, tidak terkecuali penyandang disabilitas. Dan untuk memenuhinya menjadi kewajiban kita, agar taraf hidup mereka juga meningkat," ungkapnya.

 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Isran Noor didampingi Bupati Sri Juniarsih menyerahkan alat bantu penyandang disabilitas (alat bantu dengar, kaki palsu, kursi roda), bantuan BPUM total Rp 33,574 miliar (Rp1,2 juta per pelaku UMKM), penyerahan surat rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) 100 unit senilai Rp2,5 miliar, terbagi di 2 kecamatan (Sambaliung dan Gunung Tabur), serta 3 kelurahan (Pulau Besing, Sukan Tengah dan Sabaling).

 

Peringatan HDI 2021diakhiri penandatanganan deklarasi Berau Menuju Inklusi oleh Gubernur Isran Noor, Wagub Hadi Mulyadi, Bupati Sri Juniarsih diikuti para kepala OPD di lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkab Berau.(yans/sdn/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Menerjang Becek
Menerjang Becek

02 Agustus 2020 Jam 18:05:39
Kunjungan Kerja

1 Oktober di Sritex
1 Oktober di Sritex

05 Oktober 2020 Jam 13:03:21
Kunjungan Kerja

Government Public Relation