Kalimantan Timur
Hari Jadi Paser Buen Kesong, Akmal : Harus Semakin Maju Adil Sejahtera


 

 

PASER - Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Paser di Halaman Kantor Bupati Paser, Jumat 29 Desember 2023.

 

Upacara diikuti jajaran TNI, Polri, ASN dan Satuan Polisi Pamong Praja, pelajar dan mahasiswa serta instansi lingkup Pemkab Paser, dihadiri Bupati Paser dr Fahmi Helmi dan Wakil Bupati Hj Masithah Assegaf, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Paser.

 

Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Kalimantan Timur, Pj Gubernur Akmal Malik menyampaikan selamat hari jadi dan  berharap wilayah paling selatan Benua Etam Kalimantan Timur ini semakin maju dan rakyatnya bahagia, sejahtera dalam kedamaian.

 

Kabupaten Paser bermotto “Olo Manin Aso Buen Siolo Ndo’ atau Hari Esok Harus Lebih Baik dari Sekarang”, menurut Akmal, semboyan ini mengandung makna sangat baik dan mendalam menjadi pedoman jati diri rakyat Paser.

 

"Terutama para generasi muda sebagai generasi penerus untuk kemajuan dan kejayaan Kabupaten Paser di masa mendatang," katanya.

 

Pemerintah Provinsi Kaltim, lanjutnya, mengapresiasi pemerintah dan semua pihak di Kabupaten Paser yang saling mendukung, berpartisipasi dan berkontribusi untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan Kalimantan Timur.

 

Jika dalam beberapa tahun silam Kabupaten Paser termasuk daerah yang lambat perkembangan pembangunannya disebabkan geografis kewilayahannya dan berada di daerah paling bawah.

 

Juga berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Selatan dan keterbatasan akses transportasi sehingga sulit terjangkau. 

 

"Berkat kegigihan para pemimpin di pemerintahan dan dukungan semua pihak dengan semangat membangun, maka dalam dekade belakangan ini Paser sudah bangkit bergerak lebih maju," akunya.

 

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini berharap Kabupaten Paser sebagai daerah perbatasan dan perlintasan antarprovinsi, maka harus lebih melesat percepatan pembangunannya asalkan mampu mengembangkan potensi daerah.

 

Terlebih Paser memiliki kekayaan sumber daya alam berlimpah seperti hutan, perkebunan kelapa sawit, perikanan, peternakan dan pertanian dalam arti luas, pertambangan batu bara, pariwisata dan seni budaya.

 

"Tumbuhkan investasi dan ekonomi kerakyatan melalui peran koperasi, industri rumah tangga dan usaha kreatif UKM dan UMKM," pesannya.

 

Peringatan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Paser mengangkat tema Mitra IKN (Ibu Kota Nusantara), Maju Adil Sejahtera, dirangkai penganugerahan berbagai penghargaan serta penyerahan piagam/trofi juara lomba-lomba, serta bantuan alsintan/sarana produksi.

 

Kabupaten yang dikenal dengan Paser Buen Kesong (Paser Berhati Baik) ini terbentuk sejak 29 Desember 1959 lalu untuk pertama kalinya ditampilkan bendera lambang Pemerintah Kabupaten Paser.(yans/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation