Kalimantan Timur
Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah. Isran Ingatkan Pentingnya Semangat Berkurban dan Tingkatkan Kepedulian

Foto Syaiful Anwar / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La Ila Ha Illallahu Wallahu Akbar, Allahu Akbar Walillah Ilhamd.

 

Takbir berkumandang dimana-mana, menandakan umat Islam sedang merayakan hari besarnya, Hari Raya Iduladha, 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah, bertepatan 10 Juli 2022.

 

Demikian pula umat Islam di Kalimantan Timur, khusus Gubernur Kaltim H Isran Noor mengikuti ibadah Salat Ied Hari Raya Qurban di Masjid Raya Darussalam Samarinda.

 

"Saya dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi, atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, pribadi dan keluarga  mengucapkan; selamat merayakan Iduladha. Maafkan lahir dan bathin," ucap orang nomor satu Benua Etam ini.

 

Hari Raya Qurban disebut juga Hari Raya Haji, tepat 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah tahun ini menurut Gubernur, memiliki banyak makna dan hikmah.

 

Khususnya bagi kaum muslimin dan muslimat yang ingin melaksanakan ibadah haji setelah tertunda dua musim haji, kali ini jemaah asal Indonesia, termasuk Kaltim bersyukur bisa berhaji ke Tanah Suci Mekkah. 

 

"Hari ini kaum muslimin di seluruh dunia merayakan Iduladha, namun tetap dalam kewaspadaan karena Covid-19 masih ada," ungkapnya. 

 

Iduladha lanjutnya, dijadikan momentum untuk meningkatkan ibadah, dengan saling berbagi kebaikan kepada sesama diantara yang membutuhkan bantuan, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis, baik antar sesama umat beragama.

 

Umat Islam harap Gubernur, harus bisa mengambil nilai keteladanan Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS.

 

"Dimana, dalam mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan," ujarnya.

 

Semoga hikmah Iduladha ini, selain bisa meningkatkan keimanan juga menumbuhkan kasih sayang terhadap sesama. Dalam rangka membangun kembali bangsa dan rakyat Kaltim yang maju serta produktif.

 

Iduladha juga melatih diri untuk menjadi dermawan menjadi pribadi yang berjiwa besar dan bersabar, mempererat tali silaturahmi, serta memperkuat solidaritas kemanusiaan kepada sesama.

 

"Dengan hikmah Iduladha 1443 Hijriah, mari kita bangun Kaltim yang maju dan sejahtera," pesan mantan Bupati Kutai Timur ini.

 

Dalam rangkaian Salat Iduladha, Gubernur Isran Noor menyerahkan hewan kurban kepada pengurus Masjid Raya Darussalam Samarinda.(yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation