Kalimantan Timur
Hilirisasi Produk Perkebunan Kaltim Harus Ditingkatkan

Foto Adi Suseno / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Melalui Rapat Koordinasi Perkebunan (Rakorbun) 2022 se-Kaltim diharapkan mampu merencanakan dan memikirkan bagaimana meningkatkan program hilirisasi di Benua Etam.

Harapan itu, disampaikan Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi  usai membuka Rakorbun belum lama ini. Bagi Hadi, momentum rakor ini diharapkan dapat memastikan perkebunan rakyat bisa berkembang baik dan mampu menyumbang devisa bagi negara. Karena itu, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan hilirisasi.

"Alhamdulillah kita bersyukur ada hilirisasi di Kaltim yang sukses. Yakni, sudah ada tiga pabrik minyak goreng. Tapi, kita harapkan semakin banyak dan besar," ucap Hadi Mulyadi.

Hilirisasi ini penting, terlebih sekarang Kaltim sudah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sehingga hilirisasi sektor perkebunan sangat diperlukan ke depan.

Artinya, dari sektor perkebunan ini sangat diperlukan pengembangan hilirisasinya. Misal, hilirisasi produk kelapa sawit maupun cokelat. Apalagi, Kaltim juga berupaya mengembangkan biodiesel dari sawit.

"Jadi, hilirisasi atau industri sawit sangat perlu dikembangkan di Kaltim. Termasuk juga industri-industri perkebunan lainnya, baik cokelat maupun karet," jelasnya. (jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Disbun Garut Pelajari Aren Genjah Kutim
Disbun Garut Pelajari Aren Genjah Kutim

17 September 2013 Jam 00:00:00
Perkebunan

Harga TBS Sawit Kaltim Merosot
Harga TBS Sawit Kaltim Merosot

03 September 2015 Jam 00:00:00
Perkebunan

Harga TBS Sawit Periode April Naik
Harga TBS Sawit Periode April Naik

01 April 2014 Jam 00:00:00
Perkebunan

Harga TBS Sawit Naik
Harga TBS Sawit Naik

05 November 2014 Jam 00:00:00
Perkebunan

Government Public Relation