Kalimantan Timur
Hutan Dalam Kota dan Kota 10 Menit

Foto Ahmad Riyandi / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan - Gubernur menyaksikan penandatanganan Kontrak Pekerjaan di Hotel Novotel, Rabu (2/11/2022). Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan bahwa hari ini akan dilaksanakan penandatanganan kontrak pembangunan kantor gedung istana negara dan lapangan upacara. Pembangunan sekretaritan gedung kepresidenan dan juga pembangunan yang lainnya dari sejumlah 72 kegiatan. 

 

"Sebenarnya sebuah wujud kegiatan yang bernuansa kebangsaan yang tinggi, hari ini kita lakukan, cita-cita bangsa sejak lama sudah mulai terwujud," ungkapnya. 

 

Ia menceritakan bahwa cita-cita Presiden Pertama RI tahun 1957 yang ingin memindahkan ibu kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tahun 1996 Presiden kedua RI ingin membangun memindahkan ibu kota juga. Kemudian tahun 2012-2013 juga Presiden ke-6 juga ingin memindahkan ibu kota dan baru terwujud setelah presiden ketujuh. 

 

"Didukung dengan dukungan yang kuat 98 persen anggota DPR RI mendukung. Pembangunan ibu kota ini bukan hanya sekadar memindahkan atau membangun kota baru, tapi akan membangun dan memulai sebuah perubahan peradaban yang luar biasa yang digali dari bumi nusantara," terangnya . 

 

Orang nomor satu di Kalimantan Timur ini juga mengungkapkan bahwa pembangunan ibu kota yang baru ini adalah untuk keadilan dan pemerataan pembangunan yang sering Presiden sebut Indonesian centris.

 

"Pembangunan ibu kota ini untuk mewujudkan cita- cita bangsa untuk kepentingan generasi bangsa sampai kapanpun," jelasnya. 

 

Ia juga mengatakan bahwa keberadaan ibu kota negara itu adalah merupakan milik generasi bangsa sampai kapanpun.

 

"Kita akan bangun sumber ibu kota negara dengan sebuah sistem berlatar belakang kota hutan/hutan kota. Hutan dalam kota, sebuah sistem yang modern, yang berkelanjutan, ramah lingkungan, kalau bisa pada suatu saat di kawasan itu akan terjadi namanya diargo dioksi," harapnya. 

 

Lanjutnya dan nantinya di  sini akan menjadi kota 10 menit. Kota 10 menit maksudnya adalah jarak tempuh dari arah manapun ibu kota, kawasan inti itu bisa ditempuh dalam waktu maksimal 10 menit. 

 

"Gedung -gedung ada anjungannya nanti akan berada di suasana hutan dan akan berinteraksi dengan lingkungan. Di sana nanti akan berkembang biak dengan suaka seperti unggas, orang utan, reptil, " ucapnya. 

 

Ia juga menerangkan bahwa Kita tidak akan merusak alam, kita sudah siapkan bibit pohon endemik, dan dari luar kita akan kembangkan disini. 

 

"kita sudah pertimbangkan itu. Akan dihasilkan 20 sampai 30jt batang pohon untuk penanaman hutan kembali. Pemerintah dan rakyat Kalimantan Timur akan back up penuh apa yang kamu sampaikan dan apa yang kamj bisa berikan dan tidak ada masyarakat yang menolak baik secara organisasi, ormas maupun perorangan," tegasnya. 

 

Orang Kalimantan Timur itu panjang- panjang umurnya. Umur terpanjang di Indonesia ini ya di Kaltim. "Di DIY tahun 2019 umur 74,6 tahun, sekarang kaltim menyalip hanya dalam jangka waktu 2 tahun yaitu 74,8 tahun umur/harapan hidup," jelasnya. (ayu/sul//adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation