Kalimantan Timur
IKN Harus Bisa Memberikan Kesejahteraan Bagi Masyarakat

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

BALIKPAPAN - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dengan mengusung tema Pengelolaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Dalam Rangka  Mendukung Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dilaksanakan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bekerjasama  dengan Polda Kaltim  di Gedung Mahakam  Polda Kaltim, Selasa (22/11/2022). 

 

Wagub  Hadi Mulyadi memberikan apresiasi kepada Kompolnas  yang bekerjasama dengan Polda Kaltim yang menyelenggarakan  FGD ini.  

 

Selain paparan yang disampaikan narasumber juga dilakukan tanya jawab diskusi terkait rencana pembangunan IKN. Ada banyak masukan penting  yang disampaikan baik dari Kompolnas dan  akademisi untuk pembangunan IKN yang lebih baik," kata Hadi Mulyadi, usai  FGD. 

 

Dari pelaksanaan FGD, lanjut Hadi Mulyadi yang terpenting adalah keberadaan IKN yang sekarang dalam proses pembangunan, diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya bagi daerah penyangga IKN. 

 

"Pembangunan IKN harus terkoordinasi dengan baik antara pemerinyah pusat, otorita, provinsi dan kabupaten kota, sehingga tidak ada yang merasa ditinggal.  Pembangunannya bisa dimaksimalkan dengan tenaga kerja lokal, serta memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Kaltim," papar Hadi Mulyadi.

 

Menurut mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu, pembangunan IKN harus  interkoneksi  dengan 10 daerah di Kaltim. Poin  ini yang paling penting, sehingga  dengan interkoneksi, seluruh kabupaten dan kota di Kaltim merasakan keadilan dan pemerataan pembangunan. 

 

Sekretaris Kompolnas Benny Jozua Mamoto yang sebelumnya membuka FGD  itu mengharapkan melalui FGD dapat mengumpulkan data tentang SDM sarana prasarananya. 

 

"Kami juga  mendengar dan masukan dari masyarakat,  para tokoh masyarakat termasuk  menggali informasi,  kemudian diskusi utama soal bagaimana situasi kamtibmas dalam  mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara," tandasnya. 

Hadir pada kegiatan FGD tersebut, komisioner dan anggota Kompolnas,  Kapolda Kaltim, Wakil Kapolda Kaltim beserta jajarannya, Pengdam VI Mulawarman, Ketua DPRD Kaltim, Ketua FKUB Kaltim, ormas tokoh adat, tokoh masyarakat Kaltim serta undangan lainnya. (mar/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation