Kalimantan Timur
Isran : Digitalisasi Pemerintah Daerah Sebuah Keniscayaan

Foto Samsul Arifin / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia yang juga Gubernur Kaltim H Isran Noor menegaskan digitalisasi menjadi sebuah keharusan di tengah perubahan era masa kini. Seluruh pemerintah daerah wajib melakukan transformasi digital demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk semua area layanan.   

“Saya akan terus memberikan semangat dan motivasi bagi daerah-daerah untuk bisa membangun sistem digitalisasi agar pelayanan publik menjadi lebih baik,” tegas Gubernur Isran Noor usai mengukuhkan Dewan Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) Periode 2023-2025 di Conference Room 2, Grand Ballroom Jakarta,  Kamis (27/7/2023).

Mengapa seluruh pemerintah daerah harus makin familiar dengan digitalisasi dan transformasi digital? Karena menurut Gubernur, ini merupakan salah satu implementasi reformasi birokrasi melalui akselerasi pemanfaatan teknologi informasi secara intensif dan masif.

Transformasi digital di kalangan pemerintahan daerah akan menjadi sebuah solusi dan keniscayaan dalam mengoptimalkan pelayanan publik. Transformasi digital ini mencakup integrasi seluruh area layanan sehingga menghasilkan nilai tambah kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan.

Ditanya sejauh mana APPSI akan memberikan target penggunaan digitalisasi bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia, Gubernur Isran Noor menjawab singkat.

“Tidak ada target-target. Pokoknya kita maju terus,” ucap Gubernur Isran Noor kepada para wartawan.

Sementara Ketua Umum Askompsi yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim M Faisal membeberkan rencana organisasi yang ia pimpin untuk mengurangi gap kemampuan teknologi antara provinsi yang besar dan kuat dengan provinsi yang sedang, agar gap itu tidak semakin melebar. Mereka juga akan membantu mendorong percepatan transformasi digital di seluruh provinsi di Indonesia. 

“Kami juga akan membantu dan memperjuangkan keseimbangan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di semua provinsi di Indonesia,” kata Faisal.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Askompsi Digital Leadership Government  Award 2023 kepada para sekretaris daerah yang dinilai paling berprestasi di Indonesia.

Tiga sekda terbaik untuk level provinsi diberikan kepada Sekda Provinsi Jawa Barat Setyawan Wangsaatmaja, Sekda Provinsi Jawa Timur Adhy Karjono dan Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar. Penghargaan juga diberikan kepada tiga sekda terbaik di kabupaten dan kota. 

Hadir juga dalam acara ini Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Teguh Setyabudi dan Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation