Kalimantan Timur
Jokowi Serukan Pelestarian Budaya dari Sepaku

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SEPAKU - Dari tanah Sepaku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan pentingnya pelestarian kebudayaan nusantara. Presiden mengakui pembangunan fisik Ibu Kota Nusantara  (IKN) yang saat ini sedang dilakukan harus diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia 

Selain kantor pemerintahan, saat ini juga  sedang dibangun 5 hotel besar, 4 rumah sakit dan sekolah bertaraf internasional. Ada pula 8 training center PSSI lengkap dengan lapangan bolanya dan akan ada 2 mal besar dibangun.

"Tapi itu semua fisik. Padahal yang seharusnya didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia, pemajuan kebudayaannya dan merawat kebudayaan," kata Presiden Jokowi saat menghadiri 

Puncak Acara Festival Harmoni Budaya Nusantara 2023 dengan tema "Melestarikan  Budaya, Merawat Bumi Nusantara". Acara digelar di Alun-Alun Taruna, Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Jumat (3/11/2023).

Kebudayaan nusantara perlu terus dilestarikan dan dirawat agar budaya tidak hanya menjadi milik masa lalu

Kebudayaan perlu terus dirawat dan dilestarikan agar tidak  tergerus oleh  budaya luar. 

"Festival Harmoni Budaya Nusantara ini untuk mengingatkan bahwa seni budaya Indonesia itu sangat beragam dan sangat majemuk," tegas Jokowi.

IKN kata Jokowi, akan menjadi muara bagi bertemunya berbagai budaya nusantara bahkan dunia. Pelestarian budaya pun akan menjaga kehidupan rukun dan harmonis, gotong royong dalam toleransi keberagaman.

Sementara Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menekankan pentingnya keseimbangan dalam pembangunan IKN dan Indonesia secara keseluruhan.

"Pemerintah akan menjaga harmoni antara  pembangunan insfratruktur dan kebudayaan," ucap Muhadjir.

Acara dihadiri masyarakat Sepaku dan sekitarnya, para tokoh adat, Forkopimda Kaltim dan PPU. Tampak juga memberikan dukungan komitmen pemajuan dan pelestarian budaya para sultan dari Kesultanan Paser, Kesultanan  Sambaliung, Kesultanan Gunung Tabur, Persekutuan Dayak Kalimantan Timur. Komitmen pelestarian budaya dibacakan oleh  Hamdani, salah seorang tokoh budaya di Kaltim. 

Masyarakat dan para pelajar Sepaku nampak sangat antusias dengan kedatangan presiden. Beberapa dari mereka mendapat kesempatan berfoto bersama Presiden Jokowi. Seperti biasa Presiden Jokowi juga membagikan kaos hitam berdesain typografi wajah dirinya. (sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation