Kalimantan Timur
Kaltim Miliki Potensi Kerjasama

SAMARINDA - Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat Eropa Tengah dan Timur menilai bahwa Kaltim memiliki potensi dan peluang besar untuk dikerjasamakan dengan kawasan Eropa Tengah dan Timur di berbagai sektor.
Hal itu disampaikan Direktur Eropa Tengah dan Timur Kementerian Luar Negeri T.B.H Witjaksono Adji dalam pertemuan bisnis di Hotel Aston Balikpapan pada Senin (25/7).
Menurutnya, berbagai sektor tersebut seperti ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisatan, kesehatan, pendidikan dan sejumlah sektor lainnya.
"Kaltim ini kaya akan komoditi ekspor unggulan yang dapat masuk pasar negara-negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur seperti CPO, karet dan seafood. Kaltim juga punya potensi pariwisata yang dapat menarik wisatawan dari kawasan Eropa tengah dan timur. Begitu juga dengan bidang pendidikan yang saat ini banyak mahasiswa dari Kaltim nempuh pendidikan di luar negeri dan masih banyak potensi lainnya yang bisa dikerjasamakan," katanya.
Kemenlu berharap para pelaku bisnis di Kaltim dan pihak terkait lainnya dapat memanfaatkan peluang kerjasama dengan negara-negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur. "Kami akan mendukung dan mendorong peningkatan kerjasama dengan negara-negara dikawassan Eropa Tengah dan Timur," katanya.
Sementara itu, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menegaskan bahwa Pemprov Kaltim menyambut baik untuk permasalahan kerjasama ekonomi dalam membangkitkan kembali perekonomian di Kaltim.
"Program kerjasama dengan negara-negara Eropa sudah dibahas. Pada prinsipnya, kami siap bekerjasama. Saya berharap, para pengusaha di Kaltim tidak hanya tinggal diam dalam menangkap peluang kerjasama dengan negara-negara di Eropa," katanya. (rus/humasprov)

Berita Terkait