Kalimantan Timur
Kaltim Siap Suplai Tenaga Dokter Spesialis di Rumah Sakit IKN


 

NUSANTARA - Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menegaskan Kalimantan Timur siap mendukung pembangunan  rumah sakit (RS) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan  menyiapkan tenaga dokter spesialis.

 

Penegasan itu disampaikan Pj Gubernur Akmal Malik usai mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan Rumah Sakit  UPT Kementerian Kesehatan di kawasan IKN, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (20/12/2023).

 

Akmal mengatakan pembangunan RS UPT Kementerian Kesehatan di kawasan Ibu Kota Nusantara, menyusul tiga RS swasta yang sudah di-groundbreaking Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Langkah pusat ini harus disikapi dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan yang andal. dan berkualitas.

 

“Tadi Pak Menkes tanya, kami lagi nyari dokter spesialis yang mau tugas di sini. Saya harap dokter spesialisnya dari Kaltim,” tegas Akmal.

 

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu menambahkan saat ini Pemprov Kaltim banyak menyekolahkan SDM-nya untuk menjadi dokter spesialis.

 

“Dengan program beasiswa yang selama ini sudah kita berikan kepada para dokter mereka bisa mengabdi di IKN nanti,” jelas Akmal.

 

Sebelumnya, Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta, Kementerian PU  juga membangun dan menyiapkan sarana maupun prasarana untuk dokter dan dokter spesialis yang akan bertugas di RS UPT    Kementerian Kesehatan di IKN. Sehingga mereka tertarik untuk bertugas di sana.

 

“Kami saat ini sedang mencari Pak, karena dokter spesialis ini beda dengan ASN dan TNI yang jika diperintah langsung jalan,” ujarnya.

 

Pembangunan RS UPT Kementerian Kesehatan di IKN bakal menelan anggaran sekitar Rp550 miliar lebih, bertipe A berkapasitas 250 kamar dengan spesialisasi untuk perawatan jantung dan stroke.  (gie/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation