Kalimantan Timur
Kaltim Siapkan Pos Simpatik untuk Pemudik


SAMARINDA - Mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini,   Dinas Perhubungan Kaltim bekerjasama  dengan sejumlah instansi terkait akan menyiapkan beberapa Pos Simpatik  di  pelabuhan, Bandara, terminal  maupun di jalur padat kendaraan untuk  jalur mudik  Balikpapan- Samarinda dan  Bontang.  
"Menjelang Lebaran atau H-7 kita menyiapkan Pos Simpatik di jalur yang ramai dilalui kendaraan. Bekerjasama dengan kepolisian dan Satpol PP. Termasuk juga masyarakat setempat akan kita libatkan," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kaltim, H Mahmud Samsul Hadi,
Selain memantau lalu lintas, pos tersebut itu juga dapat dijadikan tempat peristirahatan bagi masyarakat yang bepergia. Karena disediakan juga petugas kesehatan..  Adapun pengobatan yang disediakan  adalah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
Pemberdayaan masyarakat dilakukan untuk menciptakan kondisi yang aman.  Selain juga untuk membantu petugas melakukan penanganan ketika terjadi kecelakaan.  "Masyarakat dilibatkan karena kadang ketika kecelakaan, masyarakat lebih dulu ada dilapangan. Dengan bantuan masyarakat, diharapkan  mengurangi dampak kecelakaan agar tidak lebih  parah," ujarnya.
Selain itu, juga ditempatkan petugas di Pelabuhan Ferry di Balikpapan, untuk mengatur antrian sehingga lebih  tertib pada saat terjadi lonjakan penumpang. Sekaligus  memberikan rasa aman bagi konsumen.
"Pelabuhan ini biasanya banyak dimanfaatkan penumpang kelas ekonomi menengah kebawah. Sehingga dalam waktu puncak bisa sangat padat, sehingga perlu ditertibkan," tegasnya.
Dia mengimbau para pengusaha angkutan darat melakukan pengecekan terhadap kendaraan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menganggu  kelancaran arus lalu lintas.(mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation