Kalimantan Timur
Kembalikan Hutan Hujan Tropis di IKN

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov.Kaltim

SEPAKU - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan sejalan dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pemerintah berupaya mengembalikan hutan hujan tropis Kalimantan di kawasan IKN.  

“Kita akan mengembalikan hutan hujan tropis Kalimantan di IKN,” tegas Menteri Siti Nurbaya pada peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, di Titik Nol IKN, Sepaku, Penajam Paser Utara, Minggu, 11 Juni 2023.

Siti Nurbaya melanjutkan untuk mendukung rencana itu, pemerintah telah membangun persemaian bibit di Mentawir yang mempunyai kapasitas produksi mencapai 20 juta batang pohon per tahunnya.

“Kebayang nggak tuh. Ini pertanda kita komit mewujudkan itu (hutan hujan tropis),” ujarnya. 

Pemerintah saat ini, terus bekerja keras untuk bekerja keras mengaktualisasikan IKN. 

Ada tiga hal penting menurutnya yang saat ini menjadi konsen terkait pembangunan IKN yaitu, pertama pemerintahan, kedua pembangunan dan terakhir pembinaan kemasyarakatan. 

“Saat ini kita terus-menerus melembagakan IKN sehingga orang mengenal IKN,” katanya. 

Kawasan IKN, lanjut alumnus Institut Pertanian Bogor ini, mulai dikenal menjadi salah satu destinasi wisata di Kaltim. Bersama sejumlah pihak terkait, juga telah disiapkan areal yang bisa dirasakan oleh masyarakat ketika datang ke IKN.

 

“Salah satunya Titik Nol Nusantara ini yang dikunjungi tidak hanya wisatawan domestik tetapi orang luar negeri banyak datang kemari,” tandasnya. 

Tidak jauh dari kawasan IKN juga telah ada Kawasan Hutan Bangkirai, yang dapat menjadi contoh hutan tropis Kalimantan. 

“Ke depan kita juga kembangkan pohon meranti hutan di kawasan ini,” pungkasnya. (gie/sul/ky/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation