Kalimantan Timur
Kerja Keras dan Kerja Sama Kunci Sukseskan Pengelolaan Barjas

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

BALIKPAPAN - Melalui Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Pengadaan Barang dan Jasa se-Kaltim 2022 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kekompakan seluruh pihak, khususnya pengelola barang/jasa, baik di lingkungan Pemprov Kaltim maupun kabupaten dan kota.

 

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi berpesan, muara dari kekompakan ini adalah adanya kerja keras, kerja sama, mencintai pekerjaan yang dilakukan, selalu berdoa dan berkomunikasi yang baik dengan sesama. 

 

"Tanpa adanya kerja keras, kerja sama, mencintai pekerjaan, kemudian selalu berdoa dan menjalin komunikasi yang baik. Maka, program atau pekerjaan khususnya pengelolaan bara dan jasa tidak akan bisa sukses dilaksanakan," pesan Hadi Mulyadi ketika membuka dan memberikan arahan Rakontek Pengadaan Barang dan Jasa se Kaltim 2022, di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Kamis 8 September 2022.

 

Apalagi, dengan tema yang ditetapkan, yakni percepatan pencapaian tingkat kematangan proaktif dalam rangka meningkatkan kualitas dan tata kelola pengadaan barang/jasa pemerintah. Tentunya, semangat bekerja keras dan kerja sama wajib dimiliki seluruh pengelola barang dan jasa. 

 

Sebab, untuk menyukseskan pengelolaan barang dan jasa ini tidak bisa bekerja sendiri.  Untuk itu, perlu adanya kerja sama.

 

"Bukan hanya kerja sama, kita juga harus bersama-sama membangun pengetahuan, sehingga apa yang dikerjakan dapat lebih mudah," jelasnya. 

 

Apalagi, lanjut Hadi, mengenai barang dan jasa harus sesuai dengan aturan perundang-undangan dan taat administrasi serta tata kelola keuangan yang baik. 

 

Termasuk, terkait barang dan jasa ini harus dilaksanakan dengan teliti dan cermat serta profesional. Makanya, diperlukan juga inovasi dalam pelaksanaannya. Misal, dengan aplikasi secara online. 

 

"Jadi, jangan pernah merasa bisa mengerjakan pekerjaan dengan sendiri tanpa adanya bantuan orang lain," pesannya.

 

"Bahkan, dengan aplikasi atau sistem E-Katalog akan memudahkan pengelola dan masyarakat yang akan memanfaatkan transaksi barang dan jasa," jelasnya. 

 

Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Kaltim Buyung Dodi Gunawan, kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 8-9 September 2022. Diikuti peserta 130 orang. 

 

Buyung sapaan akrabnya menjelaskan, dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh pengelola maupun masyarakat yang akan bertransaksi barang dan jasa untuk menggunakan E-Katalog yang sudah disiapkan.

 

"Semua, serba mudah dan cepat serta profesional sesuai aturan perundang-undangan. Makanya, kami juga mensosialisasikan itu di Rakontek ini," jelasnya. 

 

Narasumber Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP RI Yulianto Prihandoko dan Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK RI Tri Haryati.

 

Hadir Karo Umum Setprov Kaltim Hj Lisa Hasliana, seluruh pengelola barang dan jasa di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltim.(jay/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation