Kalimantan Timur
Kumis Sakera Ala Arumi Bachsin

dok.biro adpim

SURABAYA - TP PKK Kaltim melakukan kunjungan ke Jawa Timur, 22-25 November 2021. TP Kaltim dipimpin langsung ketuanya, Hj Norbaiti Isran Noor. 

 

"Kami datang untuk bersilaturahmi dan melakukan studi komparasi ke Jawa Timur yang memiliki banyak program unggulan dan langganan juara nasional," kata Hj Norbaiti Isran Noor di Aula TP PKK Jawa Timur, Senin (22/11/2021).

 

Norbaiti secara khusus juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas sambutan luar biasa TP PKK Jawa Timur yang saat ini dipimpin oleh Arumi Bachsin, istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

 

"Kami ingin belajar dan mencontoh. Pasti ada ide cemerlang yang bisa kami tiru dari sini," ucap Norbaiti.

 

Sementara dalam paparannya, Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak menguraikan sejumlah program inovatif dan menjadi unggulan provinsi berpenduduk 40 juta jiwa itu.

 

Satu inovasi yang menjadi andalan TP PKK Jawa Timur adalah Program Kumis Sakera PKK.

 

"Program ini ada karena seringnya kita rapat dengan zoom meeting," ungkap Arumi.

 

Kumis Sakera PKK adalah kependekan dari Kumpul-kumpul Santai Sareng PKK. Kumis Sakera menjadi media untuk menyampaikan informasi kegiatan yang update bagi kader PKK.

 

"Contoh diskusi terkait pencegahan stunting dan mewujudkan keluarga sehat tanggap dan tangguh," jelas istri Wagub Jawa Timur Emil Dardak tersebut.

 

Dijelaskan juga oleh Arumi, bahwa pola penanganan di setiap daerah belum tentu sama. Misal soal penanganan stunting di Surabaya, berbeda pendekatan secara kultural yang dilakukan di Madura. Begitu pun di daerah lainnya. Sebab itulah Kumis Sakera PKK ini menjadi sangat penting untuk menemukan solusi penanganannya.

 

Arumi menguraikan, demikian juga Kaltim dan Jawa Timur pun pasti berbeda. Jawa Timur dengan 40 juta jiwa dengan 38 kabupaten dan kota, pasti berbeda pola pendekatannya dengan Kaltim yang hanya diisi 3,7 juta jiwa dengan 10 kabupaten dan kota.

 

Inovasi lain yang dikembangkan Jawa Timur adalah PAAREDI (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital). Kreativitas juga ditunjukkan dalam UP2K dan lainnya. 

 

Hadir bersama rombongan Wakil Ketua 1 TP PKK Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi dan Kepala DPMPD Kaltim H Syirajuddin. (sul)

Berita Terkait
Arumi : Nanti Gantian, Kami yang ke Kaltim
Arumi : Nanti Gantian, Kami yang ke Kaltim

23 November 2021 Jam 15:56:16
PKK

Jangan Hanya Terima, Tapi Dipakai
Jangan Hanya Terima, Tapi Dipakai

18 Agustus 2020 Jam 22:23:20
PKK

PKK Sosialisasi 3M di Kutim
PKK Sosialisasi 3M di Kutim

20 Oktober 2020 Jam 22:04:23
PKK

Government Public Relation