Kalimantan Timur
Nilai Luhur Pancasila Wajib Dipahami Setiap Anak Bangsa

Foto Arief Murtadha / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

SAMARINDA - Pancasila sebagai ideologi dan falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki nilai-nilai luhur bagi kehidupan bangsa.

 

"Nilai-nilai luhur Pancasila wajib dipahami bahkan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh setiap anak bangsa," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kaltim Sufian Agus usai Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 bersama Presiden Republik Indonesia secara virtual di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu, 1 Juni 2022.

 

Menurut dia, merefleksikan nilai-nilai luhur itu menjadikan keteguhan sebagai bangsa Indonesia yang berdasarkan dan berideologi Pancasila. 

 

Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa, lanjutnya, telah mampu melewati berbagai rongrongan dan tantangan. 

 

Semakin yakin lagi ungkapnya, nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial, telah terbukti mampu merekatkan komponen bangsa dalam bingkai NKRI.

 

"Nilai-nilai luhur Pancasila secara nyata tumbuh dan berkembang subur dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus pengamalan ajaran agama," ungkap Agus. 

 

Karena itu, pengamalan nilai-nilai luhur mengedepankan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan agar menjadi manusia yang beradab dengan semangat persatuan kesatuan bangsa. 

 

"Inilah pentingnya, bahkan wajib setiap anak bangsa memahami serta mengamalkan nilai-nilai luhur, sekaligus menangkal paham-paham dari luar yang bertentangan dan bisa merusak nilai-nilai kehidupan bangsa kita," pungkasnya.(yans/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait