Kalimantan Timur
Pemerintah Inisiasi Pembentukan Kelompok Masyarakat Tanggap Bencana

Foto Hudais Tri Putra / Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur

BALIKPAPAN - Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Ir. Riza Indra Riadi membuka kegiatan inisiasi pembentukan kelompok masyarakat tanggap bencana di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, Rabu (18/5/2022) di Hotel Zurich Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan.

 

Dalam sambutannya Riza mengungkapkan Indonesia merupakan wilayah yang rawan akan bencana alam. "Bencana alam merupakan peristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan penderitaan luar biasa bagi yang mengalaminya, " ungkapnya.

 

Lanjutnya penanggulangan bencana dan mitigasi bencana harus dipersiapkan sebelum bencana datang, agar tidak terjadi korban jiwa dan kerugian material yang begitu banyak.

 

Riza mengatakan beberapa faktor yang menjadi penyebab kerentanan terhadap bencana adalah faktor fisik seperti letak pemukiman dan minimnya infrastruktur yang mendukung mitigasi bencana, sosial ekonomi dan lingkungan.

 

"Seperti implementasi tata ruang berbasis mitigasi bencana belum optimal, tata letak dan kontruksi bangunan yang belum memperhatikan aspek mitigasi bencana," jelasnya.

 

Ia juga menyampaikan inisiasi pembentukan kelompok masyarakat tanggap bencana ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan terutama bagi penduduk yang tinggal di daerah  pesisir dan pulau-pulau kecil.

 

"Saya yakin inisiasi pembentukan kelompok masyarakat tanggap bencana ini, bertujuan untuk sebagai pedoman dan perencanaan pembangunan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman," terangnya.

 

Ia juga mengungkapkan perlunya kesiapsiagaan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana sebagai persiapan menghadapi bencana.

 

"Dengan memperhatikan pentingnya peran serta masyarakat dalam tanggap bencana, pemerintah sangat mendukung pembentukan kelompok tanggap bencana yang terdiri dari unsur-unsur masyarakat di dalamnya, kelompok yang nantinya akan dibentuk kelompok kerja yang terdiri dari tim-tim, ini akan memberikan manfaat secara luas, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana," jelasnya.

 

Riza mengajak agar dapat bersama-sama berkontribusi terhadap pencapaian kegiatan ini.

 

"Saya mengharapkan kegiatan inisiasi Pembentukan  Kelompok Masyarakat Tanggap Bencana ini dapat berkontribusi terhadap pembangunan kelautan dan perikanan yang berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Timur.

 

Kegiatan ini dihadiri 30 peserta dan hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan. (ayu/sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait