Kalimantan Timur
Pemuda Pilar Sukarelawan Pembangunan Bidang MDGs

SAMARINDA – Selain upaya penciptaan pemuda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap berbagai bencana. Juga, perlu dibangun jiwa sukarelawan dan semangat kepemudaan terhadap pembangunan bidang  mellenium development goal’s (MDG’s).

“Komunitas pemuda sebagai sukarelawanan perlu dibangun secara berkelanjutan menjadi pilar Kaltim berbasis fokus utama di bidang MDG’s,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim H Fachrudin Djaprie saat mewakili Gubernur Kaltim pada pelatihan Kesukarelawan Pemuda Kaltim 2015 di Samarinda, Senin (21/9).

Menurut dia, hal penting adalah menumbuhkan minat dan motivasi pemuda untuk bergabung dalam organisasi tenaga kepemudaan sebagai sarana efektif merealisasikan kepedulian dan bela rasa terhadap sesama anak bangsa.

Karena itu komunitas sukarelawanan yang akan dibangun secara berkelanjutan dan  berbasis atau fokus utama kegiatan sukarelawan yang bergerak di bidang mellenium development goal’s (MDG’s).

Antara  lain  pembangunan dan pengembangan sektor pendidikan, lapangan pekerjaan, kelaparan dan kemiskinan, sektor kesehatan, lingkungan hidup, penyalahgunaan narkoba dan  kenakalan remaja serta penanggulangan HIV/AIDS.

Termasuk pemanfaatan  waktu luang bagi pergaulan pemuda dan pemudi,  partisipasi pemuda dalam pengambilan keputusan, prilaku pemuda dalam menghadapi era globalisasi, informasi dan teknologi komunikasi,  pencegahan konflik dan masalah antar generasi.

Selain itu, krisis multidimensi belum hilang dampaknya hingga kini. Antara lain menurunya nilai-nilai kebangsaan di kalangan pemuda serta memudarnya semangat patriotisme, konsistensi dan menipisnya rasa persaudaraan dan empati sosial.

“Pembangunan kepemudaan Kaltim mengarah terwujudnya pemuda yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab, berdaya  saing serta memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan,” ungkap Fachrudin Djaprie.

Pelatihan kesukarelawanan pemuda dilaksanakan tiga hari sejak 21-23 September dan diikuti 40 pemuda se-Kaltim dari sepuluh kabupaten dan kota. (yans/es/adv).

////Foto: Fachrudin Djaprie saat mengalungkan tanda peserta Pelatihan Kesukarelawanan Pemuda se-Kaltim.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
BERITA FOTO:
BERITA FOTO:

27 Oktober 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Tahun Depan Bansos Tetap Diberikan
Tahun Depan Bansos Tetap Diberikan

29 November 2016 Jam 00:00:00
Sosial

BKAD Kecamatan Wajib Difungsikan
BKAD Kecamatan Wajib Difungsikan

06 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Pemprov Pulangkan OT ke Bulungan
Pemprov Pulangkan OT ke Bulungan

26 Februari 2020 Jam 08:13:33
Sosial

Dinsos Lanjutkan Program Penanganan PMKS
Dinsos Lanjutkan Program Penanganan PMKS

22 Januari 2017 Jam 00:00:00
Sosial

Government Public Relation